Pengembangan Penilaian Autentik Hasil Belajar Materi Permainan Invasi di Sekolah Dasar

Sridadi, Sridadi (2022) Pengembangan Penilaian Autentik Hasil Belajar Materi Permainan Invasi di Sekolah Dasar. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sridadi_20708261020.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji validitas isi instrumen penilaian autentik hasil belajar materi permainan invasi di sekolah dasar kelas atas, (2) menguji reliabilitas antarrater instrumen penilaian autentik hasil belajar materi permainan invasi di sekolah dasar kelas atas, dan (3) menguji kepraktisan instrumen penilaian autentik hasil belajar materi permainan invasi di sekolah dasar kelas atas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Desain ini meliputi empat tahapan yaitu tahap pengembangan desain instrumen, tahap validasi, tahap uji coba lapangan, dan tahap desiminasi. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 48 orang dengan rincian 8 orang guru penjas dan 40 peserta didik. Tehnik pengumpulan data untuk uji ahli menggunakan Teknik Delphi. Tehnik pengumpulan data untuk uji kepraktisan dan uji validitas serta reliabilitas menggunakan Pre-eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan skala likert 1- 4. Analisis data uji validitas isi menggunakan formula Aiken V dan uji reliabilitas antar rater menggunakan Interclass Correlation Coefficient (ICC). Penelitian ini telah menghasilkan instrumen penilaian autentik hasil belajar materi permainan invasi di sekolah dasar kelas atas yang telah memenuhi aspek validitas, reliabilitas, dan kepraktisan. Pertama, pada aspek validitas semua aspek memperoleh skor tinggi (nilai r > 0,9). Kedua, pada aspek reliabilitas antar rater memperoleh skor sangat baik ( nilai r 0,939). Ketiga, pada aspek kepraktisan memperoleh skor sangat baik, instrumen penilaian yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis.

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Tomoliyus, M.S. Kopromotor: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, penilaian autentik, hasil belajar, permainan invasi
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:39
Last Modified: 14 Nov 2022 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74807

Actions (login required)

View Item View Item