Evaluasi Pembelajaran Aktivitas Jasmani di Taman Kanak-Kanak Negeri se-Kabupaten Kulon Progo

Pembayun, Rumekar Ageng (2022) Evaluasi Pembelajaran Aktivitas Jasmani di Taman Kanak-Kanak Negeri se-Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rumekar ageng pembayun_20733251014.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perencanaan dan proses pembelajaran aktivitas jasmani di Taman Kanak-Kanak Negeri se-Kabupaten Kulon Progo. Pembelajaran aktivitas jasmani di Taman Kanak-Kanak sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak, tidak hanya tertuju pada perkembangan psikomotor saja, akan tetapi juga pada perkmbangan kognitif, afektif, dan sosial. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Discrepancy. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Taman Kanak-Kanak Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Teknik sampling menggunakan total sampling yang ditujukan kepada 1 orang kepala sekolah dan 1 orang guru di tiap Taman Kanak-Kanak Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Sampel dalam penelitian ini meliputi 12 orang Kepala Sekolah dan 12 orang guru Taman Kanak-Kanak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program pembelajaran aktivitas jasmani di Taman Kanak-Kanak Negeri se-Kabupaten Kulon Progo sebesar 2,45 sehingga termasuk dalam kategori kurang. Berdasarkan masing-masing tahapan evaluasi, yang meliputi (1) Desain program pembelajaran aktivitas jasmani di Taman Kanak-Kanak Negeri se-Kabupaten Kulon Progo sebesar 2,45, dengan rincian pada indikator pemahaman tentang pembelajaran aktivitas jasmani di Taman Kanak-Kanak sebesar 2,42 masuk kategori kurang dan indikator tujuan pembelajaran sebesar 2,48 masuk kategori kurang, (2) Perencanaan program atau instalasi program pembelajaran aktivitas jasmani di Taman Kanak-Kanak Negeri se-Kabupaten Kulon Progo sebesar 2,43, dengan rincian pada indikator rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 2,36 termasuk dalam kategori kurang, indikator persiapan materi pembelajaran sebesar 2,49 termasuk dalam kategori kurang, dan persiapan media pembelajaran sebesar 2,46 termasuk ke dalam kategori kurang, (3) Pelaksanaan progam atau proses pembelajaran aktivitas jasmani di Taman Kanak-Kanak Negeri se-Kabupaten Kulon Progo sebesar 2,45, dengan rincian pada indikator penyampaian materi sebesar 2,50 termasuk ke dalam kategori baik, indikator kegiatan pembelajaran sebesar 2,46 termasuk dalam kategori kurang, dan indikator penggunaan media pembelajaran sebesar 2,38 termasuk ke dalam kategori kurang, dan (4) Produk program pembelajaran aktivitas jasmani di Taman Kanak-Kanak Negeri se-Kabupaten Kulon Progo sebesar 2,49, dengan rincian pada indikator evaluasi pembelajaran sebesar 2,49 termasuk dalam kategori kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, discrepancy, pembelajaran, aktivitas jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:48
Last Modified: 14 Nov 2022 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74806

Actions (login required)

View Item View Item