Refleksivitas Calon Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Efektivitas Praktik Mengajar

Rosi, Wellyan Kevinando Giovani (2022) Refleksivitas Calon Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Efektivitas Praktik Mengajar. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_wellyan kevinando giovani rossi_18601241038.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurangnya keterampilan refleksi calon guru pendidikan jasmani menyebabkan cara mengevaluasi pembelajaran dalam mengakomodasi perkembangan proses pembelajaran tidak efektif. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reflektivitas mahasiswa calon guru pendidikan jasmani terhadap efektivitas praktik mengajar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil tempat di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta yaitu pada mata kuliah Metodik 1 yang ada di semester 4. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru pendidikan jasmani yang telah mengikuti mata kuliah Metodik 1 secara tuntas dengan jumlah keseluruhan 41 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan studi dokumen dan wawancara. Jumlah dokumen yang dikumpulkan sebanyak 41 dokumen catatan hasil refleksi dengan tiga tahap refleksi sehingga total dokumen sebanyak 123. Wawancara dilakukan berdasarkan hasil kajian terhadap dokumen refleksi secara mendalam dengan partisipan sebanyak 5 orang. Teknis analisis data diterapkan dalam penelitian ini terdiri dari mengorganisasikan, merepresentasikan, dan interpretasi pada data untuk menemukan tema-tema dalam data mengenai refleksivitas calon guru pendidikan jasmani terhadap efektivitas praktik mengajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada praktik mengajar pertama terdapat kelemahan yaitu kekurangan dan kesalahan mulai dari perencanaan, penyampaian, dan pelaksanaan pembelajaran. Dengan adanya refleksi analisis pembelajaran efektif pada praktik mengajar pertama mampu direfleksikan dengan detail kemudian melalui perbaikan calon guru pendidikan jasmani lebih maksimal dan mampu mencapai tujuan pembelajaran serta praktik mencapai praktik mengajar efektif pada praktik mengajar kedua.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Caly Setiawan, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: calon guru pendidikan jasmani, refleksivitas, efektivitas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Oct 2022 05:03
Last Modified: 31 Oct 2022 05:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74804

Actions (login required)

View Item View Item