Peran Orang Tua Peserta Didik Kelas X Dalam Pembelajaran Blended Learning Pendidikan Jasmani Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah Todanan

Rifko, Mohammad (2022) Peran Orang Tua Peserta Didik Kelas X Dalam Pembelajaran Blended Learning Pendidikan Jasmani Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah Todanan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_mohammad rifko_18601241015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua peserta didik kelas X dalam pembelajaran blended learning pendidikan jasmani masa pandemi Covid-19 Di SMA Muhammadiyah Todanan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah Todanan pada tanggal 6-28 Juni 2022. Partisipan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru olahraga, 8 orang tua peserta didik kelas X, dan 8 peserta didik kelas X. Instrumen pengambilan data yaitu Human Instrumen dengan dilengkapi lembar observasi, butiran pertanyaan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis kualitatif yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, yaitu meliputi mengumpulkan data, mereduksi data, mendisplay data dan, menyimpulkan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peran orang tua peserta didik kelas X dalam pembelajaran blended learning pendidikan jasmani di masa pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah Todanan dengan latar belakang orang tua yang berbeda memiliki 4 peran yaitu : (1) orang tua sebagai pendidik di rumah untuk membimbing, mengajari, memberikan pemahaman materi, memberikan wawasan dan pengetahuan, serta memberikan bentuk sikap dalam pembelajaran blended learning di rumah; (2) peran orang tua sebagai motivator, orang tua selalu memberikan motivasi seperti memberikan semangat dalam belajar, memberikan nasihat yang baik, dan memberikan penghargaan; (3) orang tua sebagai fasilitator, orang tua menyediakan fasilitas sarana berupa alat tulis, handphone, kuota internet atau Wifi, dan ruangan yang nyaman; (4) orang tua sebagai pengawas belajar, orang tua mendampingi dan mengawasi anaknya agar tetap semangat, tidak bermalas-malasan, disiplin waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: peran orang tua, pembelajaran blended learning, pandemi Covid-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:53
Last Modified: 31 Oct 2022 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74801

Actions (login required)

View Item View Item