Survei Tingkat Keaktifan Siswa Tunagrahita Ringan Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Pasca Pandemi di SLBN 2 Yogyakarta

Firmansyah, Akbar (2022) Survei Tingkat Keaktifan Siswa Tunagrahita Ringan Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Pasca Pandemi di SLBN 2 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_akbar firmansyah_18603141019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa tunagrahita ringan dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dalam hal ini untuk aktifitas fisik maupun non fisik di SLBN 2 Yogyakarta pasca pandemi. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengambilan data menggunakan observasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 90 siswa. Pemilihan sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan karakterisitik siswa-siswi tunagrahita ringan, aktif masuk sekolah, dan tidak mempunyai kegandaan kedifabelan, sehingga didapatkan 20 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini mengacu pada penelitian sebelumnya Detama (2018) dengan validitas expert judment dan nilai reliabilitas yang tinggi (reliabilitas 0.880). Analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat keaktifan siswa tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga pada aktifitas fisik di SLBN 2 Yogyakarta diperoleh hasil selalu aktif sebesar 50%, sering aktif 45%, kadang-kadang aktif 5%, dan tidak pernah 0%. Sedangkan pada aktifitas non fisik selalu aktif 0%, sering aktif 15%, kadang-kadang aktif 55%, dan tidak pernah aktif sebesar 30%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat keaktifan siswa tunagrahita ringan dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga di SLBN 2 Yogyakarta berdasarkan aktifitas fisik selalu aktif 50%, dan aktifitas non fisik kadang-kadang aktif 55% pasca pandemi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sumaryanti, M.S.
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, pembelajaran pendidikan jasmani olahraga, siswa tunagrahita ringan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:29
Last Modified: 31 Oct 2022 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74800

Actions (login required)

View Item View Item