Peran Guru PJOK dalam Pembentukan Karakter pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman

Pamungkas, Aditya Sigit (2022) Peran Guru PJOK dalam Pembentukan Karakter pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_aditya sigit pamungkas_18604224039.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru PJOK dalam pembentukan karakter pada peserta didik Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner) Uji Validitas instrumen menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan hasil butir soal yang valid berjumlah 29 butir dari 40 pertanyaan. Uji reliabilitas sebesar 0,968 sehingga instrumen tersebut reliabel. Populasi penelitian ini adalah guru PJOK di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Gamping sebanyak 14 guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PJOK dalam pembentukan karakter pada peserta didik Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Gamping berada pada kategori sangat tinggi sebesar 7% (1 guru), kategori tinggi sebesar 14% (2 guru), ketegori sedang sebesar 36% (5 guru), kategori rendah sebesar 43% (6 guru) dan kategori sangat rendah sebesar 0,0 % (0 guru).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dra. A. Erlina Listyarini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: peran guru PJOK, pembentukan karakter, peserta didik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:22
Last Modified: 31 Oct 2022 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74799

Actions (login required)

View Item View Item