Pengalaman Mahasiswa Menjadi Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Sepak Takraw Universitas Negeri Yogyakarta

Arroyan, Darus Gayuh (2022) Pengalaman Mahasiswa Menjadi Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Sepak Takraw Universitas Negeri Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_darus gayuh arroyan_18601244007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman mahasiswa menjadi anggota unit kegiatan mahasiswa sepak takraw Universitas Negeri Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini mengambil tempat di Unit Kegiatan Mahasiswa yang berada di Universitas Negeri Yogyakarta yaitu pada kegiatan sepak takraw. Penelitian ini dilaksanakan 11 Juli sampai 19 Juli 2022. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa UKM Sepak Takraw UNY di Yogyakarta yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik untuk menemukan tema-tema dalam data tentang pengalaman mahasiswa UNY dalam melakukan olahraga sepak takraw. Hasil penelitian diperoleh bahwa latar belakang pengalaman mahasiswa anggota UKM sepak takraw UNY yaitu adanya pembinaan bakat yang telah dilaluinya sejak sekolah dasar dan menengah, jejak keluarga dan ketertarikan terhadap sepak takraw. Faktor yang paling mempengaruhi mahasiswa adalah peran guru, sejarah sekolah dan memiliki keinginan berprestasi. Faktor penghambat pelaksanaan anggota UKM sepak takraw UNY seperti kurangnya sarana berupa lapangan yang standar dan program latihan tidak tersampaikan dengan baik. Pengalaman mahasiswa menilai bahwa sepak takraw kurang populer di Indonesia karena tidak adanya kompetisi resmi. Pengalaman mahasiswa di UKM sepak takraw UNY yaitu proses latihan dalam mempersiapkan pertandingan di event – event. Anggota UKM sepak takraw UNY tentunya memiliki tujuan tersendiri bagi pelaku untuk dapat memperoleh pengalaman, menambah jam latihan, menambah kawan latihan dan meningkatkan prestasi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Caly Setiawan, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: pengalaman, unit kegiatan mahasiswa, sepak takraw
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:53
Last Modified: 31 Oct 2022 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74795

Actions (login required)

View Item View Item