Hubungan antara Pengetahuan Kebugaran Jasmani, Aktivitas Fisik, dan Kualitas Tidur Dengan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang

Ambara, Putra Sira (2022) Hubungan antara Pengetahuan Kebugaran Jasmani, Aktivitas Fisik, dan Kualitas Tidur Dengan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_putra sira ambara_18601241122.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara pengetahuan kebugaran jasmani dengan kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang. (2) Hubungan antara aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang. (3) Hubungan antara kualitas tidur dengan kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang. (4) Hubungan antara pengetahuan kebugaran jasmani, aktivitas fisik, dan kualitas tidur dengan kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang yang berjumlah 155 siswa. Teknik sampling yaitu purposive sampling, dengan kriteria: (1) siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang, (2) berusia 13-15 tahun, (3) bersedia menjadi sampel, dan (4) tidak dalam keadaan sakit. Berdasarkan kriteria yang memenuhi berjumlah 140 siswa. Instrumen pengetahuan kebugaran jasmani menggunakan tes multiple choice, aktivitas fisik menggunakan PAQ-A, kualitas tidur menggunakan PSQI, dan kebugaran jasmani menggunakan TKJI usia 13-15 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan kebugaran jasmani terhadap kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang, dengan nilai r hitung 0,813 dan sumbangan efektif sebesar 31,87%. (2) Ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang, dengan nilai r hitung 0,829 dan sumbangan efektif sebesar 30,80%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kualitas tidur terhadap kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang, dengan nilai r hitung -0,750 dan sumbangan efektif sebesar 25,13%. (4) Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan kebugaran jasmani, aktivitas fisik, dan kualitas tidur terhadap kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang, dengan nilai F hitung 327,160 dan sumbangan sebesar 87,80%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Ahmad Rithaudin, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pengetahuan kebugaran jasmani, aktivitas fisik, kualitas tidur, kebugaran jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:42
Last Modified: 31 Oct 2022 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74793

Actions (login required)

View Item View Item