Kecemasan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar

Titi, Nabilla Nur (2022) Kecemasan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nabilla nur titi_17601241069.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecemasan pada peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar saat mengikuti pembelajaran senam lantai guling depan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Setting Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar yang mengalami kecemasan terhadap pembelajaran senam lantai guling depan dengan jumlah siswa 11 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,dokumentasi melalui pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menujukkan bahwa kecemasan peserta didik kelas X dalam pembelajaran senam lantai guling depan yaitu ada pada faktor fisiologis dan psikologis. Faktor Fisiologis dikarenakan adanya keadaan fisik yang mengganggu dan riwayat cedera. Sedangkan faktor psikologis dikarenakan karena kekhawatiran, emosionalitas, dan pengalaman negatif.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Farida Mulyaningsih, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: senam lantai, fisiologis, psikologis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Nov 2022 09:31
Last Modified: 10 Nov 2022 09:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74769

Actions (login required)

View Item View Item