Hubungan Koordinasi Mata Tangan dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Passing Bawah Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 4 Ngaglik

Raharjo, Ardi Afrian Nugroho (2022) Hubungan Koordinasi Mata Tangan dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Passing Bawah Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 4 Ngaglik. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ardi afrian nugroho raharjo_18601244059.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara koordinasi mata tangan terhadap kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 4 Ngaglik. (2) Hubungan antara kekuatan otot lengan terhadap kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 4 Ngaglik. (3) Hubungan antara koordinasi mata tangan dan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 4 Ngaglik. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 4 Ngaglik yang berjumlah 41 peserta didik. Teknik sampling dilakukan dengan purposive sampling, dengan kriteria (1) peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 4 Ngaglik, (2) masih aktif berlatih, (3) berjenis kelamin laki-laki, (4) bersedia mengikuti tes yang dilakukan, dan (5) tidak dalam keadaan sakit. Berdasarkan hal tersebut yang memenuhi berjumlah 27 peserta didik. Instrumen koordinasi mata tangan menggunakan lempar tangkap bola tenis, kekuatan otot lengan yaitu tes gantung angkat tubuh, dan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli diukur menggunakan instrumen tes dari. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan terhadap kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 4 Ngaglik, dengan nilai nilai r hitung 0,891. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan terhadap kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 4 Ngaglik, dengan nilai r hitung 0,845. (3) Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 4 Ngaglik, dengan nilai F hitung 57,338.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Yuyun Ari Wibowo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: koordinasi mata tangan, kekuatan otot lengan, kemampuan passing bawah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:24
Last Modified: 28 Oct 2022 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74768

Actions (login required)

View Item View Item