Pengembangan Permainan Sepak Bola Mini Untuk Peserta Didik Usia Atas Sekolah Dasar

Khusna, Miftakhul (2022) Pengembangan Permainan Sepak Bola Mini Untuk Peserta Didik Usia Atas Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_miftakhul khusna_20733251029.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan sepak bola mini untuk peserta didik usia atas sekolah dasar. Permainan yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh para guru pendidikan jasmani sebagai variasi dalam pembelajaran dan untuk meningkatkan minat peserta didik terhadap permainan sepak bola mini. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah modifikasi permainan sepak bola mini untuk peserta didik usia atas sekolah dasar dikemas dalam bentuk CD dan buku panduan. Penelitian ini mencakup dua tahapan yaitu tahapan validasi kesesuaian dan kualitas model oleh ahli materi sepak bola dan praktisi pendidikan jasmani di sekolah menggunakan instrumen angket, tahap uji coba skala kecil dengan subjek 32 peserta didik dari SD Negeri 022 Samarinda utara, dan tahap uji coba skala luas dengan subjek 128 peserta didik dari 4 SD Negeri yaitu SD Negeri 018 Samarinda Utara, SD Negeri 019 Samarinda Utara, SD Negeri 016 Samarinda Utara dan SD Negeri 005 Samarinda Utara. Data yang didapat digunakan sebagai pedoman bagi para ahli dan praktisi melakukan observasi terhadap kualitas permainan dalam uji coba di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para ahli dan guru menilai produk yang dihasilkan telah sesuai diterapkan di Sekolah Dasar kelas atas. Hasil ini terlihat dari jawaban observer dengan 14 pertanyaan yang semuanya dijawab sesuai. Penilaian peserta didik terhadap permainan sepakbola mini yang dikembangkan dapat diketahui dari hasil pengisian kuesioner. Menurut peserta didik, 100% dapat dilakukan, permainan yang diajarkan 96% mudah dilakukan, 90% peserta didik dapat memahami peraturan permainan yang diajarkan, 90% peserta didik taat pada peraturan permainan, 91% peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam melakukan permainan, 99% peserta didik suka dengan alat yang digunakan untuk bermain, 100% permainan menyenangkan dan dapat membuat peserta didik senang bergerak, 100% dapat melakukan kerjasama, dan 19% peserta didik merasa takut melakukan permainan yang diajarkan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, sepak bola mini, Sekolah Dasar kelas atas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:54
Last Modified: 31 Oct 2022 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74747

Actions (login required)

View Item View Item