Keterampilan Bermain Bola Voli Siswa dan Siswi Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2021/2022

Wardhana, Sulchan Jalu (2022) Keterampilan Bermain Bola Voli Siswa dan Siswi Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2021/2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sulchan jalu wardhana_18602244019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa baik tingkat keterampilan dasar bermain bola voli seperti passing atas, passing bawah, servis, dan smash untuk siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei yang berupa tes. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan yang berjumlah 30 orang dan penelitian ini juga menggunakan teknik total sampling yaitu dengan menggunakan seluruh siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 21 putra dan 9 putri. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data ialah tes passing atas menggunakan Brady Wall Volley Test, tes passing bawah menggunakan Brumbach Forearms Pass Volleyball Test, tes smash menggunakan Stanley Spike Test, tes ketepatan servis menggunakan tes ketepatan servis AAHPER. Teknik analisis data yang diambil ialah menggunakan deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bermain bola voli siswa peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Tangerang Selatan memperoleh hasil dengan indeks kurang dengan hasil pada kategori “sangat baik” sebanyak 2 siswa atau sebesar 6,7%; kategori “baik” sebanyak 7 siswa atau sebesar 23,3%; kategori “sedang” sebanyak 7 siswa atau sebesar 23,3%; kategori “kurang” sebanyak 12 siswa atau sebesar 40,0%; dan kategori “sangat kurang” sebanyak 2 siswa atau sebesar 6,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Danang Wicaksono, M.Or.
Uncontrolled Keywords: keterampilan, bola voli, ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:34
Last Modified: 26 Oct 2022 04:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74746

Actions (login required)

View Item View Item