Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Peserta Ekstrakurikuler Fitsal Putri di SMA N 1 Wonogiri dan SMA N 2 Wonogiri

Jati, Panji Urban (2022) Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Peserta Ekstrakurikuler Fitsal Putri di SMA N 1 Wonogiri dan SMA N 2 Wonogiri. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_panji urban jati_18601241105.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kebugaran jasmani siswa peserta ekstrakurikuler futsal putri di SMA N 1 Wonogiri dan SMA N 2 Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif dengan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler futsal putri SMA N 1 Wonogiri dan SMA N 2 Wonogiri yang masih aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, dengan kriteria: (1) peserta ekstrakurikuler futsal putri SMA N 1 Wonogiri dan SMA N 2 Wonogiri yang aktif, (2) tidak dalam keadaan sakit, (3) bersedia mengikuti aturan protokol kesehatan saat pengambilan data, (4) berusia 16-19 tahun. Berdasarkan kriteria tersebut terdapat 30 orang yang memenuhi syarat untuk menjadi sampel. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan pengukuran yang berkaitan dengan lima komponen jasmani yaitu komposisi tubuh, kelentukan, kekuatan otot, daya tahan otot, dan daya tahan aerobik. Teknik analisis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan persentase dan uji t independent sample test. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kebugaran jasmani siswa peserta ekstrakurikuler futsal putri di SMA N 1 Wonogiri dan SMA N 2 Wonogiri, dengan analisis nilai t hitung 1,955 < t tabel (df 28) 2,048 dan nilai signifikansi 0,307 > 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kebugaran jasmani, ekstrakurikuler, futsal, putri
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:17
Last Modified: 26 Oct 2022 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74742

Actions (login required)

View Item View Item