Upaya Guru Penjas Dalam Mengatasi Hambatan-Hambatan yang Muncul Dalam Pembelajaran Selama Masa Pandemi di SMA Negeri Se-Kabupaten Banyumas

Hakim, Emil (2022) Upaya Guru Penjas Dalam Mengatasi Hambatan-Hambatan yang Muncul Dalam Pembelajaran Selama Masa Pandemi di SMA Negeri Se-Kabupaten Banyumas. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_emil hakim_17601244079.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru penjas dalam mengatasi hambatan-hambatan yang muncul dalam pembelajaran Pendidkan Jasmani Olahrga dan Kesehatan selama pandemi di SMA Negeri se-Kabupaten Banyumas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini yaitu guru PJOK di SMA Negeri Se-Kabupaten Banyumas sebanyak 4 orang. Data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data yang kemudian diklasifikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi hambatan dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi ini. Pada tema adaptasi pembelajaran dan tekonologi dalam mempersiapkan pembelajaran daring PJOK dapat disimpulkan guru meningkatkan keprofesionalismenya dengan mengikuti program pelatihan rutin dalam bidang TIK dalam proses pembelajaran, mengikuti kegiatan pelatihan tentang metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Pada tema penyampaian media pembelajaran guru dapat mengembangkan berbagai macam vidio-vidio guna membantu proses pembelajaran peserta didik. Melalui vidio-vidio yang telah dibuat, siswa dapat belajar mandiri sesuai arahan dan materi yang telah dirancang oleh guru PJOK tanpa menghabiskan banyak kuota internet. Pada tema materi pembelajaran guru menggunakan metode yang tepat yang sesuai untuk menunjang dalam menyampaikan materi, guru memberikan stimulus supaya peserta didik mampu merespon, dan melakukan pembiasaan sebelum pembelajaran dimulai. Dalam proses penilaian pembelajaran guru melakukan upaya dengan penilain portofolio dapat dilakukan dengan mengumpulkan kegiatan dan hasil belajar siswa baik berupa kehadiran selama virtual, penyelesaian evaluasi yang disampaikan guru, dan keaktifan dalam memberikan tanggapan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Muhammad Hamid Anwar, M.Phil.
Uncontrolled Keywords: hambatan, upaya, pembelajaran daring PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:09
Last Modified: 26 Oct 2022 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74740

Actions (login required)

View Item View Item