Studi Meta Analisis Keefektifan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi pada Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Indonesia.

Ahmad, Iqbal Faza and Setiawati, Farida Agus (2022) Studi Meta Analisis Keefektifan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi pada Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Indonesia. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-iqbal faza ahmad-20701251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan memberikan kesempatan kepada pembelajar untuk mengakses berbagai sumber belajar yang tidak terbatas. Dengan pemanfaatan tersebut diharapkan, keberhasilan proses pembelajaran dan tercapainya tujuan pendidikan dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap pencapaian belajar siswa di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis. Studi-studi yang dianalisis diambil dari database Google Scholar dan Scopus melalui proses seleksi berdasar pada kriteria yang telah ditentukan. Protokol yang digunakan berdasar pada protokol PRISMA. Sebanyak 51 studi diikutkan dalam penelitian ini, yang terdiri dari 44 jurnal ilmiah dan tujuh prosiding. Teknik analisis yang digunakan adalah meta analisis model random effect size. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa effect size studi-studi yang dianalisis bervariasi, yang besarnya antara -0,80 hingga 5,85 dan menunjukkan bahwa terdapat heterogenitas dari studi yang dianalisis. Berdasarkan temuan tersebut, model effect size yang digunakan dalam penelitian meta analisis ini adalah model random effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis teknologi informasi berpengaruh pada pencapaian hasil belajar siswa di Indonesia. Pengaruh yang diberikan pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap pencapaian hasil belajar berada dalam kategori besar dengan nilai summary effect menunjukkan angka 1,285 dengan p-value <0,001 dan selang kepercayaan batas bawah 1,012 dan batas atas 1,559. Hasil analisis sub-kelompok menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan rata- rata effect size pada jenjang pendidikan antara SD, SMP, SMA, dan PT. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat masalah bias publikasi dalam studi meta analisis ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pengaruh pembelajaran, teknologi informasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2022 05:33
Last Modified: 25 Oct 2022 05:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74733

Actions (login required)

View Item View Item