Evaluasi Keterserapan Kerja Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di Kota Kendari.

Benly, Meryana and Kartowagiran, Badrun (2022) Evaluasi Keterserapan Kerja Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di Kota Kendari. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-meryana benly-19701251027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) keterserapan kerja lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di Kota Kendari, (2) relevansi kompetensi yang dimiliki lulusannya dengan kebutuhan dunia industri, (3) kesenjangan antara keterserapan kerja lulusannya dengan yang terjadi dilapangan, dan (4) solusi dari kesenjangan yang terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model evaluasi discrepancy. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 216 alumni dari dua SMK di Kota Kendari yang mempunyai lulusan teknik audio video yaitu SMKN 2 Kendari dan SMKS Satria Kendari serta 110 responden dari pihak industri/usaha pada bidang teknik audio video yang ada di Kota Kendari. Pengumpulan data melalui kuisioner tertutup dan kuisioner terbuka. Validasi instrumen dibuktikan dengan menggunakan validasi isi dengan formulaAiken’s V sedangkan reliabilitas diestimasi dengan uji Intraclass Correlation Coefficient (ICC). Analisis menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif untuk mengukur keberhasilan keterserapan dan uji independent sample t-test untuk menguji perbedaan antara kemampuan yang dimiliki oleh lulusan dan kemampuan yang dibutuhkan oleh pihak industri/usaha. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Dilihat dari aspek keterserapan kerja, 91,20% lulusan termasuk dalam kriteria keberhasilan kategori baik sekali dan 41% lulusan bekerja namun tidak sesuai dengan kompetensinya termasuk dalam kriteria keberhasilan kategori cukup. (2) Dilihat dari aspek kesesuaian bidang dengan SKL, 66,01% lulusan bekerja sesuai dengan SKL dan 62,67% pihak industri/usaha menyatakan bahwa Standar Kompetensi yang dimiliki lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia industri/usaha. (3) Kesenjangan terjadi pada kesesuaian bidang pekerjaan dengan latar belakang bidang pendidikan lulusan. Sebanyak 41% lulusan bekerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan55% lulusan yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi memilih jurusan yangtidak serumpun. (4) Pemanggku kebijakan disarankan untuk melakukan beberapa penyesuaian terhadap standar kompetensi lulusan antara pihak sekolah dengan pihak industri/usaha, pemerintah dan sekolah lebih meningkatkan kerjasama dengan pihak industri/usaha yang sesuai dengan kompetensi keahlian untuk meningkatkankesesuaian dalam bidang kerja lulusan, dan pihak sekolah, khususnya Bursa Kerja Khusus, dapat lebih membimbing lulusan agar bekerja sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, lulusan, keterserapan kerja, teknik audio video
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:56
Last Modified: 25 Oct 2022 04:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74731

Actions (login required)

View Item View Item