Pengembangan Instrumen Evaluasi Penerapan Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam Pembelajaran Matematika Jenjang SMK.

Sabon, Yuliana Olga Siba and Widihastuti, Widihastuti (2022) Pengembangan Instrumen Evaluasi Penerapan Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam Pembelajaran Matematika Jenjang SMK. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-yuliana olga siba sabon-20701251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkonstruk instrumen yang baik dan layak digunakan untuk mengukur penerapan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) terkhususnya dalam pembelajaran matematika jenjang SMK; 2) mengetahui kualitas instrumen evaluasi penerapan GSM dalam pembelajaran matematika jenjang SMK ditinjau dari validitas dan reliabilitasnya; 3) mengetahui keefektifan instrumen evaluasi penerapan GSM dalam pembelajaran matematika jenjang SMK; 4) mendeskripsikan hasil pengukuran menggunakan instrumen evaluasi penerapan GSM dalam pembelajaran matematika jenjang SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan gabungan model pengembangan instrumen non test menurut Mardapi dan langkah – langkah pengembangan skala menurut Azwar. Penentuan subjek uji coba menggunakan purposif sampling. Subjek uji coba skala kecil terdiri 3 kepala sekolah, 9 guru dan 60 peserta didik. Subjek uji coba skala besar terdiri dari 228 peserta didik yang berasal dari 3 SMK di Yogyakarta. Validitas instrumen dibuktikan dengan validitas isi dan konstruk, sedangkan reliabilitas instrumen diestimasi berdasarkan inter-rater reliability dengan metode ICC dan Alpha Cronbach. Teknik pengumpulan data adalah teknik Delphi untuk mendapatkan masukan dari expert sebagai validator. Instrumen pengumpulan data adalah kuisoner yang berbentuk lembar validasi dan lembar efektivitas instrumen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan untuk memperbaiki kualitas instrumen dari segi konten, konstruksi, dan bahasa. Analisis data secara kuantitatif dilakukan untuk membuktikan validitas isi menggunakan formula Aiken, mengestimasi reliabilitas menggunakan metode ICC dan Alpha Cronbach, serta membuktikan validitas konstruk dan reliabilitas konstruk menggunakan confirmatory factor analysis (CFA). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) 21 butir instrumen yang digunakan oleh kepala sekolah, 35 butir instrumen yang digunakan oleh guru, dan 34 butir instrumen yang digunakan oleh peserta didik telah berhasil dikembangkan. Instrumen tersebut dapat mengukur penerapan GSM dalam pembelajaran matematika yang mencakup empat faktor yakni learning enviroment (lingkungan belajar yang nyaman), pedagogical practice (model pembelajaran yang praktis), character development (pembentukan karakter), dan school connectedness (pelibatan semua pihak yang terkait); 2) Kualitas instrumen evaluasi penerapan gerakan sekolah menyenangkan dalam pembelajaran matematika jenjang SMK ditinjau dari indeks validitas dan reliabilitas termasuk kategori baik hingga sangat baik; 3) Keefektifan instrumen berdasarkan keakuratan pengumpulan informasi, kemudahan penggunaan instrumen, kebermanfaatan instrumen dalam menilai penerapan GSM dalam pembelajaran matematika jenjang SMK termasuk dalam kategori baik hingga sangat baik; 4) Hasil pengukuran menunjukan penerapan GSM dalam pembelajaran matematika jenjang SMK sudah terlaksana dengan baik hingga sangat baik. Berdasarkan hasil pengukuran tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari penilaian yang dilakukan oleh kepala sekolah, guru, dan peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika, penerapan GSM, pengembangan instrumen, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:29
Last Modified: 25 Oct 2022 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74728

Actions (login required)

View Item View Item