PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG HUMANIS: MEMBANGUN KARAKTER GURU, KARAKTER SISWA, DAN KARAKTER BANGSA

Djamilah Bondan, Widjajanti (2012) PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG HUMANIS: MEMBANGUN KARAKTER GURU, KARAKTER SISWA, DAN KARAKTER BANGSA. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-10. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
U-3 Djamilah.pdf

Download (559kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Untuk dapat berkontribusi nyata terhadap pembangunan karakter bangsa, seorang guru/dosen, termasuk guru/dosen matematika, harus mampu menjadi sosok panutan yang berkarakter dan berkompeten secara pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Kesediaan untuk terus menerus belajar dengan setulus hati dan sepenuh semangat, minimal untuk belajar menjadi pribadi yang lebih baik dan belajar untuk semakin profesional dalam profesinya sebagai guru/dosen, akan menjadikan seorang guru/dosen pantas menjadi sosok panutan. Salah satu kegiatan yang direkomendasikan sebagai forum bagi guru/dosen untuk saling belajar dan yang berpotensi membangun karakter para guru/dosen adalah kegiatan Lesson Study. Karena salah satu strategi pembangunan karakter di tingkat satuan pendidikan adalah melalui pengintegrasian pendidikan karakter kedalam kegiatan pembelajaran, maka para guru/dosen matematika dapat memilih pendekatan, strategi, atau model pembelajaran yang berpotensi mengembangkan nilai-nilai karakter siswa/mahasiswa. Melalui pemilihan konteks yang tepat, kegiatan pembelajaran yang sesuai, teladan yang diberikan, dan yang dilaksanakan dengan memperhatikan sisi-sisi manusiawi para siswa/mahasiswa, maka besar kemungkinan karakter siswa/mahasiswa akan terbangun selama kegiatan belajar-mengajar. Pembelajaran matematika yang memperhatikan sisi-sisi manusiawi siswa atau mahasiswalah, yang dikenal dengan nama Pembelajaran Matematika yang Humanis, yang direkomendasikan untuk digunakan guru dan dosen mengembangkan karakter siswa atau mahasiswa. Dengan melaksanakan pembelajaran matematika yang humanis, ditambah dengan ketulusan hati dan kobaran semangat untuk bersedia terus menerus belajar, seorang guru/dosen akan berkontribusi nyata terhadap pembangunan karakter bangsa melalui pembangunan karakter dirinya dan karakter siswa/mahasiswa. Kata kunci: karakter, siswa, guru, bangsa, matematika, humanis

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: karakter, siswa, guru, bangsa, matematika, humanis
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 21 Nov 2012 00:21
Last Modified: 21 Nov 2012 00:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7469

Actions (login required)

View Item View Item