Sumbangan Pendidikan Sejarah di Papua dalam Memperkokoh Integrasi Nasional.

Hasirun, La Ode and Suryo, Djoko (2022) Sumbangan Pendidikan Sejarah di Papua dalam Memperkokoh Integrasi Nasional. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-la ode hasirun-15703261071.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian: 1. mengungkapkan peran pendidikan sejarah di Papua sebagai salah satu sarana untuk memperkokoh integrasi nasional, 2. mengemukakan pelaksanaan pendidikan sejarah di Papua, 3. mengungkapkan sumbangan pendidikan sejarah di Papua dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, berlokasi di Kota Jayapura Provinsi Papua. Sumber data penelitian diperoleh dari sejumlah kepustakaan seperti buku, jurnal, makalah, terbitan-terbitan berkala, surat kabar, undang-undang, surat keputusan atau ketetapan pemerintah, hasil-hasil penelitian, laporan-laporan peristiwa, untuk melengkapi dan membandingkan hasil wawancara mendalam terhadap beberapa informan dan hasil observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yakni kepustakaan, hasil wawancara mendalam, dan hasil observasi. Untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data di antara sumber data yang berbeda untuk keakuratan penelitian. Adapun analisa datanya adalah analisa data kulitatif, yakni peneliti melakukannya sejak pengumpulan data di lapangan, dilanjutkan dengan analisa data yang telah terkumpul, sampai berakhirnya pelaksanaan penelitian dan selanjutnya hasil analisa data peneliti sajikan secara deskriptif-naratif melalui kata-kata, dan kalimat Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. pendidikan sejarah di Papua dapat menjadi salah satu sarana untuk memperkokoh integrasi nasional/bangsa, 2. pendidikan sejarah di Papua telah terlaksana sebagaimana yang ditentukan secara nasional, dimana para guru sejarah di SMA-SMA di Papua dalam mengajarkan pelajaran sejarah kepada siswa-siswanya selalu berpedoman pada ketentuan secara nasional, mulai dari pembuatan perangkat pembelajaran, penggunaan metode dan evaluasi, maupun dalam hal menentukan materi pembelajaran, materi pelajaran sejarah dilengkapi dengan materi sejarah lokal Papua, 3. pendidikan sejarah di Papua telah memberikan sumbangan dalam mengembangkan pribadi siswa sebagai anggota masyarakat dan warga negara serta mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air dan bangsa yang pada akhirnya akan memperkokoh integrasi nasional.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Sumbangan Pendidikan Sejarah, Papua, dan Integrasi Nasional.
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:27
Last Modified: 20 Oct 2022 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74685

Actions (login required)

View Item View Item