Pengembangan Model Modifikasi Kurikulum dan Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi Anak Slow Learner dan Low Vision di SD/MI Inklusif.

Prasetyo, Sigit and Prasetyo, Zuhdan Kun (2022) Pengembangan Model Modifikasi Kurikulum dan Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi Anak Slow Learner dan Low Vision di SD/MI Inklusif. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-sigit prasetyo-15703261008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kesulitan guru dalam melakukan modifikasi kurikulum dan pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar IPA anak slow learner dan low vision rendah, sehingga guru membutuhkan model yang berupa buku panduan. Tujuan penelitian untuk (1) menghasilkan penelitian pendahuluan, (2) memperoleh pengembangan model modifikasi kurikulum dan pembelajaran mata pelajaran IPA bagi anak slow learner dan low vision di SD/MI inklusif, dan (3) memperoleh model modifikasi kurikulum dan pembelajaran yang layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA anak slow learner dan low vision di SD/MI inklusif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan yang diadaptasi dari model pengembangan menurut Gall, Gall & Borg. Prosedur pengembangan terdiri dari tiga tahap utama, yaitu (1) tahap pendahuluan, (2) tahap pengembangan model, dan (3) tahap pengujian model. Data need assessment berupa angket diperoleh dari survey terhadap 165 orang praktisi (kepala sekolah, guru kelas, dan guru pendamping khusus) di 33 SD/MI inklusif. Data validasi model berupa lembar validasi diperoleh dari penilaian 7 orang ahli dan uji kepraktisan terhadap 26 orang praktisi. Soal pretes dan postes diujicobakan terhadap 42 anak slow learner dan 2 anak low vision. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial non-parametrik (Mann-Whitney dan Wilcoxon Signed Rank Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prevalensi anak slow learner paling tinggi (61%) dan anak low vision hanya 1%. Anak slow learner membutuhkan modifikasi kurikulum dan pembelajaran sehingga perlu mengadaptasi kurikulum reguler, sedangkan anak low vision hanya modifikasi pembelajaran saja sehingga dapat menggunakan kurikulum reguler. Ditemukan dari persepsi guru terkait kebutuhan dan komponen model meliputi: pendahuluan, konsep ABK untuk anak slow learner dan low vision, pendidikan inklusif, model modifikasi kurikulum dan pembelajaran mata pelajaran IPA untuk anak slow learner dan low vision di SD/MI inklusif, contoh model modifikasi kurikulum dan pembelajaran, dan penutup; (2) diperoleh pengembangan model final modifikasi kurikulum dan pembelajaran yang memiliki tiga fase, yaitu: analisis kurikulum umum, peningkatan kurikulum, dan modifikasi kurikulum. Model ini memiliki karakteristik lima bagian, yaitu: pendahuluan, landasan teori, tujuan dan asumsi pengembangan model, sintaks model, dan classroom management. Adapun kontruksi model terdiri atas input, proses, dan output; dan (3) pengujian efektivitas model disimpulkan bahwa konsep model modifikasi kurikulum dan pembelajaran mata pelajaran IPA bagi anak slow learner yang memerlukan modifikasi dengan pendekatan konstruktivis kolaborasi dan belajar tentang fakta, sedangkan bagi anak low vision memerlukan modifikasi dengan pendekatan proses melalui pemanfaatan dan penguatan indera nonvisual dalam menghayati fenomena alam. Produk yang dihasilkan dari proses pengembangan model berupa dua buah buku panduan modifikasi kurikulum dan pembelajaran bagi slow learner dan low vision yang merupakan pengkondisian belajar dengan pendekatan sosio-psikologis. Kedua ABK secara sosial memiliki peran belajar bersama dengan teman kelas lainnya dan kebutuhan psikologis tetap terpenuhi karena mampu mengembangkan kemampuan belajar IPA setelah modifikasi konten pada slow learner dan modifikasi proses pada low vision. Model ini layak diimplementasikan di SD/MI inklusif dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA bagi anak slow learner dan low vision di SD/MI inklusif.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: low vision, modifikasi kurikulum dan pembelajaran, slow learner
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:31
Last Modified: 20 Oct 2022 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74683

Actions (login required)

View Item View Item