Model pelatihan SAVI untuk meningkatkan kreativitas guru.

Oktradiksa, Ahwy and Budiningsih, Asri C (2022) Model pelatihan SAVI untuk meningkatkan kreativitas guru. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-ahwy oktradiksa-19703261021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pelatihan somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) yang: (1) layak, (2) praktis, dan (3) efektif untuk meningkatkan kreativitas guru kelas dalam mengembangkan alat peraga IPA berbasis pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Gall, Gall, and Bord (2003). Penelitian ini dilakukan di madrasah ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah di Kabupaten Magelang. Subjek penelitian ini adalah guru kelas madrasah ibtidaiyah (MI). Pengelolaan data penelitian menggunakan pendekatan mix method dengan data kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, partisifasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kelayakan model pelatihan SAVI dikumpulkan dengan menggunakan lembar skala penilaian oleh ahli teknologi pendidikan, model pelatihan, materi, dan rencana pelaksanaan pelatihan. Data kepraktisan model pelatihan SAVI dikumpulkan dengan menggunakan lembar penilaian oleh instruktur, pelatih, dan stakeholder. Data keefektifan dikumpulkan menggunakan lembar tes dengan pengamatan terhadap hasil kreativitas peserta pelatihan. Analisis data penelitian menggunakan uji independent sample t-test dengan uji prasarat uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian dilanjutkan dengan uji kevalidan model pelatihan berdasarkan teori SAVI menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model pelatihan SAVI yang dihasilkan layak digunakan untuk meningkatkan kreativitas guru dibuktikan dari hasil skala penilaian oleh ahli: (a) teknologi pendidikan yaitu 0,89 > 0,64, (b) model pelatihan 0,87 > 0,65, (c) materi 0,92 > 0,69 , dan (d) ahli rencana pelaksanaan pelatihan yaitu 0,92 > 0,73. (2) Model pelatihan tersebut praktis untuk meningkatkan kreativitas guru dibuktikan dari hasil skala penilaian oleh instruktur, pelatih, dan stakeholder yaitu 0,920 > 0,64. (3) Model pelatihan tersebut efektif untuk meningkatkan kreativitas guru dibuktikan dari hasil uji lapangan operasional dengan independent sample t_test. Nilai rata-rata uji kelas kontrol dengan nilai 15,273 lebih rendah dari kelas eksperimen dengan nilai 24,375 yang menggunakan model tersebut. Interpretasi perbandingan t_hitung dengan nilai 7,434 lebih besar dari t_tabel dengan nilai 2,048, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh perbedaan signifikansi nilai rata-rata hasil uji peserta pelatihan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan alat peraga untuk meningkatkan kreativitas guru kelas pada uji model pelatihan SAVI. Hasil uji CFA Uji CFA dengan KMO_MSA yaitu 0,756>0,5, Anti-Image Correlation > 0,50, dan factor loading 0,767> 0,65. Dengan demikian maka model pelatihan SAVI ini dapat direkomendasikan untuk dilaksanakan di MI.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pelatihan SAVI, kreativitas guru.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:39
Last Modified: 19 Oct 2022 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74673

Actions (login required)

View Item View Item