Tingkat Pemahaman Pelatih SSB Terhadap Kurikulum Pembinaan Sepakbola Indonesia Filanesia di Kota Yogyakarta Tahun 2022

Pranoto, Ixsan Fajar (2022) Tingkat Pemahaman Pelatih SSB Terhadap Kurikulum Pembinaan Sepakbola Indonesia Filanesia di Kota Yogyakarta Tahun 2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ixsan fajar pranoto_21602244094.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman pelatih SSB terhadap kurikulum pembinaan sepakbola Indonesia Filanesia di Kota Yogyakarta tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelatih SSB se-Kota Yogyakarta yang berjumlah 50 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Pelatih SSB se-Kota Yogyakarta yang telah memiliki lisensi pelatih, (2) Pelatih SSB yang pernah mengikuti sosialisasi Filanesia, (3) Bersedia menjadi sampel. Berdasarkan kriteria tersebut, maka diperoleh sampel sebesar 19 orang. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes multiple choice. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pelatih SSB terhadap kurikulum pembinaan sepakbola Indonesia Filanesia di Kota Yogyakarta tahun 2022 berada pada kategori “rendah” sebesar 10,53% (2 pelatih), “cukup” sebesar 26,32% (5 pelatih), dan “tinggi” sebesar 63,16% (12 pelatih). Dapat disimpulkan bahwa pemahaman pelatih SSB terhadap kurikulum pembinaan sepakbola Indonesia Filanesia di Kota Yogyakarta tahun 2022 pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nawan Primasoni, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pemahaman, pelatih sepakbola, kurikulum Filanesia
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:55
Last Modified: 26 Oct 2022 04:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74664

Actions (login required)

View Item View Item