Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Pada Keterampilan Gerak Dasar Permainan Bola Voli Kelas XI

Alauddin, Asyam (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Pada Keterampilan Gerak Dasar Permainan Bola Voli Kelas XI. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_asyam alauddin_20633251014.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian autentik hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada keterampilan gerak dasar permainan bola voli untuk peserta didik kelas XI SMA, dikarenakan penilaian hasil belajar sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4-D yang terdiri dari empat langkah yaitu: dengan langkah (1) Define, pendefinisian dengan melakukan studi awal tentang kebutuhan produk, (2) Design, perancangan dengan melakukan penyusunan rubrik penilaian disesuaikan dengan kurikulum, KI/KD, dan materi, (3) development pengembangan dengan melakukan validasi dengan CVR (content validity ratio) dan reliabilitas menggunakan alpha crobanch dan ICC (Intraclass Correlation Coeffisients), (4) dissemination penyebaran produk untuk digunakan praktisi. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 1 Semanu dan SMA N 1 Tanjungsari Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan produk instrumen penilaian autentik gerak dasar permainan bola voli. Hasil pembuktian validitas dengan menggunakan CVR (content validity ratio) menunjukan hasil 1, dan pembuktian reliabilitas menggunakan alpha crobanch dan ICC (Intraclass Correlation Coeffisients) memperoleh hasil uji coba produk di SMA N 1 Semanu sebesar r alpha crobanch = 0,825 dan r ICC = 0,751. Uji skala besar produk dilakukan di SMA N 1 Tanjungsari dengan hasil r alpha crobanch = 0,792. Maka hasil dari pembuktian validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa pengembangan produk instrumen penilaian autentik hasil belajar PJOK pada keterampilan gerak dasar bola voli memiliki tingkat keandalan tinggi sehingga layak digunakan sebagai instrumen penilaian autentik.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, instrumen penilaian, hasil belajar, bola voli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Oct 2022 08:53
Last Modified: 19 Oct 2022 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74663

Actions (login required)

View Item View Item