Manajemen Ekstrakurikuler Olahraga di Sekolah Menengah Atas (SMA) Se Kabupaten Sleman

Mariyem, Mariyem (2022) Manajemen Ekstrakurikuler Olahraga di Sekolah Menengah Atas (SMA) Se Kabupaten Sleman. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_mariyem_20633251012.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberikan rekomendasi bentuk manajemen ekstrakurikuler olahraga yang tepat bagi SMA se Kabupaten Sleman. Kegiatan ekstrakurikuler sangat bermanfaat bagi peserta didik, salah satunya ditujukan untuk membantu peserta didik mengembangkan potensi dirinya. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, guru PJOK/koordinator kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA se Kabupaten Sleman dan pelatih cabang olahraga. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah 10 Sekolah yang ada di Kabupaten sleman secara Random Sampling untuk dijadikan tempat penelitian. Keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data secara kualitatif dengan tahapan pengumpulan data; reduksi data; penyajian data; dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga umumnya di tiap SMA se Kabupaten Sleman dilakukan dengan cara koordinasi (rapat) antar pihak-pihak yang terlibat untuk merencanakan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler untuk satu tahun ajaran. Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga diawali dengan pembuatan jadwal agar kegiatan ekstrakurikuler olahraga di sekolah berjalan dengan tertib. Penyusunan jadwal kegiatan ekstrakurikuler olahraga menjadi tanggung jawab koordinator kegiatan ekstrakurikuler. Penyusunan jadwal disusun berdasarkan musyawarah dengan pengampu/ pelatih dari tiap cabang olahraga agar tidak berbenturan dengan kesibukan maupun kegiatan yang lain, serta pembuatan program latihan bagi pelatih ekstrakurikuler (2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA se Kabupaten Sleman berjalan di sore hari di luar kegiatan intrakurikuler KBM sekolah. Kegiatan berjalan sesuai dengan jadwal yang telah disusun oleh koordinator ekstrakurikuler dan wakil kepala sekolah bagian kesiswaan. (3) Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler olahraga SMA Negeri se Kabupaten Sleman minimal dilakukan tiga bulan sekali dengan melibatkan berbagai pihak di lembaga sekolah. Hal yang dievaluasi dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga di sekolah meliputi: kehadiran, keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dan hasil praktikum peserta didik. (4) Faktor pendukung dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA se Kabupaten Sleman yaitu sarana dan prasarana, dana kegiatan, peserta didik yang berkompeten, dan guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terletak pada kehadiran peserta didik, minimnya dana, sarana dan sarana yang kurang layak pakai, dan faktor cuaca.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Komarudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: manajemen, ekstrakurikuler, olahraga, SMA
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Oct 2022 08:43
Last Modified: 19 Oct 2022 08:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74662

Actions (login required)

View Item View Item