Persepsi Mahasiswa FIK UNY PJKR A Angkatan 2020 Terhadap Keterampilan Dasar Renang Secara Daring

Septiana, Rifki (2022) Persepsi Mahasiswa FIK UNY PJKR A Angkatan 2020 Terhadap Keterampilan Dasar Renang Secara Daring. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rifki septiana_18601241035.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa FIK UNY PJKR A terhadap keterampilan dasar renang. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan keterampilan dasar renang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini yaitu 6 partisipan mahasiswa PJKR kelas A angkatan 2020 dengan kriteria mahasiswa yang lulus mata kuliah Keterampilan Dasar Renang. Data penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik triangulasi sumber data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data tematik yang dibantu dengan aplikasi atlas.ti 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa PJKR kelas A 2020 pada perkuliahan Keterampilan Dasar Renang yaitu cenderung negatif karena perkuliahan praktik renang yang dilakukan secara daring tidak efektif, hal ini dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu fator internal, faktor eksternal dan faktor aktivitas. Berdasarkan faktor internal pada indikator fisik yaitu mahasiswa memiliki tubuh yang kaku (kurang rileks). Kemudian pada indikator psikis yaitu mahasiswa kurang suka dengan beberapa materi dan merasa takut untuk mencoba gerakan renang. Berdasarkan faktor eksternal pada indikator dosen yaitu mahasiswa lebih menyukai ketika perkuliahan dilakukan secara luring. Pada indikator materi yaitu mahasiswa mengalami kesulitan pada gerakan gaya crawl dan gaya kupu-kupu. Kemudian kondisi sarana dan prasarana cukup memadai dengan menggunakan peralatan yang ada dimasing-masing rumah karena perkuliahan berjalan secara daring. Berdasarkan faktor aktivitas pada indikator pembelajaran yaitu mahasiswa mengeluhkan bahwa pembelajaran renang secara daring berjalan kurang efektif dan juga adanya pembatasan wilayah mengakibatkan kolam renang FIK UNY dibatasi pada jumlah pengunjung. Pada penelitian ini faktor internal dan faktor aktivitas lebih dominan menjadi penyebab mahasiswa PJKR kelas A 2020 mengalami kesulitan saat perkuliahan Keterampilan Dasar Renang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: persepsi, mahasiswa PJKR kelas A 2020, keterampilan dasar renang, daring
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:21
Last Modified: 14 Oct 2022 06:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74642

Actions (login required)

View Item View Item