Pengaruh Pendekatan Open-ended terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP.

Hasanah, Annisah Latifatun and Karyati, Karyati (2018) Pengaruh Pendekatan Open-ended terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP. S2 thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
tesis-annisa hasanah-16709251051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan open-ended dan gaya kognitif terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasinya mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Banjarmasin yang terdiri dari tiga kelas. Dari tiga kelas tersebut, kelas VIIIA dan VIIIB dipilih secara acak kelas sebagai sampel. Selanjutnya kedua kelas yang terpilih secara acak diundi untuk memilih kelas yang dijadikan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan diberikan pembelajaran dengan pendekatan open-ended sedangkan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional, pembelajaran konvensional dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes kemampuan penalaran matematis dan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Untuk melihat pengaruh pendekatan open-ended dan gaya kognitif terhadap kedua variabel terikat secara simultan, data dianalisis menggunakan uji statistik Analisis Varians Multivariat Dua Jalur (Two Way MANOVA), sedangkan untuk menganalisis pengaruh masing-masing gaya kognitif terhadap kedua variabel terikat secara simultan digunakan uji statisitik Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan penalaran matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Banjarmasin. Sedangkan untuk hasil analisis pengaruh gaya kognitif juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Pendekatan Open-ended, gaya kognitif, kemampuan penalaran matematis dan kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:11
Last Modified: 24 Oct 2022 06:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74641

Actions (login required)

View Item View Item