Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Bermain Outdoor untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Taman Kanak-kanak.

Sudaryanti, Sudaryanti and Suherman, Wawan S (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Bermain Outdoor untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Taman Kanak-kanak. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-sudaryanti-17703269005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Masa pandemi membawa implikasi luas bagi pendidikan anak usia dini, khususnya pembelajaran yang belum sepenuhnya beradaptasi dan cenderung stagnan, padahal diperlukan model pembelajaran alternatif yang mengakomodasi pengembangan kemampuan motorik anak. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menyusun model pembelajaran berbasis bermain outdoor untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar siswa, (2) mengetahui tingkat kelayakan model pembelajaran berbasis bermain Outdoor untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar siswa TK, (3) Mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran berbasis bermain Outdoor dalam peningkatan kemampuan motorik kasar siswa TK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan pendekatan Model Borg-Gall yang dimodifikasi. Tahapan penelitian dan pengembangan meliputi (1) penelitian awal, penyusunan model konseptual, validasi ahli; (2) pelaksanaan ujicoba terbatas dan ujicoba skala besar dilakukan dengan analisis dilengkapi dengan instrumen penelitian. Analisis kuantitatif dilakukan dengan validasi ahli baik model maupun materi, sedangkan untuk analisis kualitatif dilakukan dengan tematik analisis melalui wawancara terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran bermain Outdoor untuk mengembangkan kemampuan motorik siswa TK memiliki komponen utama model yaitu (a) sintaks/tahapan pembelajaran, (b) sistem sosial, (c) prinsip reaksi, (d) sistem pendukung, dan (e) dampak model. (2) Model pembelajaran ini memiliki tingkat kelayakan dan kelengkapan materi yang baik. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil validasi ahli, implementasi, dan pelaksanaan ujicoba secara langsung di TK. Hasil validasi ahli model menunjukkan skor 483 dengan persentase 91,84% dan termasuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan hasil validasi ahli materi menunjukkan skor 120 dengan persentase 100% dan termasuk dalam kategori sangat layak; (3) Model pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik siswa dengan tingkat perkembangan mencapai 80,76%. Sejalan dengan hasil tersebut, analisis kualitatif berupa wawancara dengan guru yang menggunakan model bermain menyimpulkan bahwa secara keseluruhan model bermain di luar ruangan menarik dan sangat menjanjikan untuk diterapkan secara luas di taman kanak-kanak. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis bermain outdoor memenuhi kriteria meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa serta dapat diimplementasikan di TK.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: bermain outdoor, keterampilan motorik, model pembelajaran, motorik
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:37
Last Modified: 13 Oct 2022 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74630

Actions (login required)

View Item View Item