Pola Pendidikan Damai pada Keluarga Pemuka Agama dan Pemuka Adat di Kota Metro Provinsi Lampung.

Widodo, Widodo and Astuti, Siti Irene (2022) Pola Pendidikan Damai pada Keluarga Pemuka Agama dan Pemuka Adat di Kota Metro Provinsi Lampung. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-widodo-18703264008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah 1) Mengungkap makna damai menurut pemuka agama dan pemuka adat, 2) Menemukan pola pendidikan damai pada keluarga pemuka agama dan keluarga pemuka adat, dan 3) Menganalisa peran pendidikan damai keluarga pemuka agama dan pemuka adat dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan masyarakat di Kota Metro Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan metode etnografi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan teknik dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulansi. Analisis data dilaksanakan melalui analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema. Subjek penelitian adalah 1) keluarga Pemuka Agama, yaitu: agama Islam (Nahdlatul Ulama/Muhammadyah), Katolik, Kristen, Hindu, dan Budha, 2) keluarga pemuka adat terdiri dari pemuka adat Jawa (Yogyakarta/Jawa Timur), Lampung, Bali, Batak, Sunda, Minang, dan Tionghoa, 3) Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Metro, 4) Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Metro. Objek penelitian adalah jalinan interaksi dalam keluarga pemuka agama dan pemuka adat serta situasi alamiah kehidupan bersama sehari-hari masyarakat di Kota Metro Provinsi Lampung. Hasil penelitian ini, adalah makna damai menurut pemuka agama dan pemuka adat yakni menghadirkan kehidupan yang rukun dan harmonis dilandasi sikap toleransi, saling menghormati perbedaan keyakinan dilandasi kemampuan beradaptasi serta menghargai perbedaan tanpa melupakan adat istiadat dan tradisi leluhur. Makna damai menurut pemuka agama dan pemuka adat bersumber dari kitab-kitab suci, hadits, kisah pembawa agama, pengalaman orang tua, adat istiadat, tradisi, dan petuah pendahulu. Pendidikan damai pada keluarga pemuka agama dan pemuka adat merupakan interaksi saling mempengaruhi komponen pendidikan mempunyai karakteristik berbeda, dimaknai sebagai pola, karena: 1) Pendidik adalah pemuka agama dan pemuka adat, 2) Peserta didik terdiri dari isteri, anak-anak, jamma’ah, kelompok, dan masyarakat, 3) Materi pendidikan merupakan pemilihan konten disesuaikan kebutuhan keluarga, jamaah, kelompok, masyarakat tanpa menimbulkan gejolak sosial. 4) Metode pendidikan berupa pembiasaan, nasehat-nasehat, sharing, role model, ceramah, dan anjangsana, 5) Lingkungan pendidikan, yakni; keluarga, anggota jama’ah/paguyuban, dan masyarakat, 6) Alat Pendidikan; fasilitas interaksi keluarga, seperti: hukuman (punishment), penghargaan (rewards), motivasi, dan fasilitas sarana prasarana pendukung lainnya, 7) Tujuan pendidikan bagi pemuka agama dan pemuka adat mewujudkan kehidupan rukun dan harmonis yang dilandaskan toleransi, saling menghormati perbedaan keyakinan dengan cara penyesuaian diri (adaptasi), saling menghargai perbedaan masyarakat tanpa meninggalkan adat istiadat dan tradisi leluhur. Peran pendidikan damai keluarga pemuka agama dan pemuka adat, sebagai: 1) pelestari budaya damai masyarakat. Aktifitas keseharian masyarakat Kota Metro sebagai budaya damai masyarakat, seperti: manjau/nulung/nyakai nengah-nyappur dan tradisi otot gurih, 2) perekat kerukunan dan keharmonisan masyarakat. Keberhasilan pendidikan damai keluarga pemuka agama dan pemuka adat menjadi teladan, contoh dan panutan bagi masyarakat. FKUB sebagai wujud kerja sama para pemuka agama sedangkan para pemuka adat bergabung dalam wadah FPK. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pemuka agama dan pemuka adat menjalin kerja sama dengan pemerintah dan masyarakat sekitar untuk menyebarluaskan pengetahuan nilai-nilai damai mendukung terwujudnya keharmonisan dan kerukunan masyarakat di Kota Metro Provinsi Lampung.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Damai, Pemuka Agama dan Pemuka Adat
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:43
Last Modified: 12 Oct 2022 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74617

Actions (login required)

View Item View Item