Pengembangan Senam Aerofight Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Cabang Olahraga Beladiri Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMP Negeri 1 Surakarta

Putra, A. Joki Armaini (2022) Pengembangan Senam Aerofight Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Cabang Olahraga Beladiri Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMP Negeri 1 Surakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_a.joki armaini putra_19711251056.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan model senam aerofight, 2) Menguji kelayakan model senam aerofight, 3) Menguji efektivitas model senam aerofight sebagai bentuk latihan peningkatan kebugaran jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan beberapa prosedur pengembangan dari Borg & Gall yakni, studi pendahuluan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi produk, uji coba lapangan dan revisi, serta uji efektivitas dan implementasi. Subyek penelitian ini adalah Siswa cabang olahraga beladiri kelas khusus olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta yang berjumlah 59 Siswa yang berusia 12-14 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, angket dan kuesioner dan instrumen uji efektivitas berupa tes untuk kerja. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif pada skala penilaian, Instrumen yang digunakan adalah Multi Fitness Test (MFT), dan teknis analisis data menggunakan SPSS 25.0 Hasil penelitian ini yaitu senam aerofight yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Penilaian Ahli Materi persentase 95,5% kategori sangat layak, penilaian ahli praktisi persentase sebesar 93,3% kategori sangat layak dan penilaian ahli media persentase 91,1% kategori sangat layak. Didukung hasil jawaban kuesioner siswa cabang beladiri kelas khusus olahraga pada kelompok kecil berjumlah 20 siswa persentase sebesar 86,6% masuk dalam kategori sangat layak dan uji kelompok besar berjumlah 39 siswa persentase sebesar 91,4% masuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji-t pada uji efektivitas memiliki nilai Signifikan (2-tailed) 0.00. Pengambilan keputusan Jika nilai Sig.(2-tailed) lebih kecil dari < 0.05 maka diterima. Maka kesimpulan bahwa pengembangan model senam aerofight dinilai sangat baik dan efektifuntuk meningkatkan kebugaran jasmani atlet.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO.
Uncontrolled Keywords: senam aerofight, kebugaran jasmani
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:57
Last Modified: 10 Oct 2022 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74598

Actions (login required)

View Item View Item