Peran Efikasi Diri Berwirausaha, Dukungan Keluarga, dan Ekspektasi Pendapatan terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Sleman.

Wahyudi, Wahyudi and Sutarto, Sutarto (2022) Peran Efikasi Diri Berwirausaha, Dukungan Keluarga, dan Ekspektasi Pendapatan terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Sleman. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-wahyudi-20702259003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh dukungan keluarga, efikasi diri berwirausaha, dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain ex- postfacto. Penelitian ini dilakukan di sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Sleman yang memiliki program kewirausahaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penetapan sejumlah kriteria agar responden terpilih sesuai dengan tujuan dan diajukan kuesioner tertutup. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh dukungan keluarga terhadap minat berwirausaha, sehingga dukungan keluarga akan mempengaruhi minat berwirausaha siswa SMK. (2) Terdapat pengaruh signifikan efikasi diri dengan berwirausaha, sehingga faktor efikasi akan mepengaruhi minat berwirausaha siswa SMK. (3) Terdapat pengaruh yang cukup signifikan dari ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha, sehingga dengan pengarapan pendapatan yang besar akan mendorong kewirausahaan murid SMK. (4) Secara bersama ketika dukungan keluarga, efikasi dan ekspektasi pendapatan dikombinasikan mempengaruhi secara signifikan terhadap minat berwirausaha, sehingga faktor – faktor tersebut sangat mempengaruhi keamuan murid SMK untuk berwirausaha. Untuk itu seharusnya sekolah dan guru meningkatkan kemauan berwirausaha murid SMK dengan kurikulum berbasis teknolgi, misalnya bisnis oline, karena sebenarnya minta kewirausahaan dapat terbentuk karena faktor – faktor tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: dukungan keluarga, efikasi diri, ekspektasi pendapatan, minat berwirausaha
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:12
Last Modified: 10 Oct 2022 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74593

Actions (login required)

View Item View Item