PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI BAWAH LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA SE-KABUPATEN SLEMAN

Hasanah, Nur (2018) PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI BAWAH LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA SE-KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_nur hasanah_11101241004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di bawah Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama se-Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru Madrasah Ibtidaiyah di bawah Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama se-Kabupaten Sleman sebanyak 177 orang guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah area proportional random sampling. Sampel penelitian sebanyak 65 orang guru yang ditentukan berdasarkan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Validitas instrumen dikaji dengan validitas isi, sedangkan reliabilitas instrumen dikaji dengan menggunakan teknik Alpha-Cronbach. Uji prasyarat analisis penelitian meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di bawah Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama se-Kabupaten Sleman. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil uji t diperoleh harga thitung sebesar 5,712 > harga ttabel sebesar 1,669 pada taraf signifikansi 5%, dengan koefisien determinasi sebesar 0,341. Dengan koefisien determinasi yang sudah disesuaikan sebesar 0,331. Dapat disimpulkan motivasi kerja mempengaruhi kinerja guru sebesar 33,1%, sedangkan 66,9% kinerja guru dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja, Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Oct 2022 06:45
Last Modified: 07 Oct 2022 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74584

Actions (login required)

View Item View Item