PELAKSANAAN SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERKATEGORI UNGGUL DI KOTA YOGYAKARTA

Ayuningtyas, Noorina (2018) PELAKSANAAN SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERKATEGORI UNGGUL DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_noorina ayuningtyas_14101244007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial, (2) hasil yang diperoleh dari pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial, (3) kendala pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial serta upaya pemecahannya, serta (4) tindak lanjut yang dilakukan dari hasil pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial oleh kepala sekolah menengah pertama berkategori unggul di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, guru, dan tenaga kependidikan sekolah yang terdiri dari Koordinator Tata Usaha, Staf Keuangan, Koordinator Perpustakaan, serta sumber data tambahan yaitu Wakil Kepala Sekolah Bagian Sarana Prasarana. Tempat penelitian ini adalah SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMP Negeri 8 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber data dan teknik pengambilan data, serta uji konfirmabilitas. Analisis data menggunakan Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan data collection, data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Kepala SMP Negeri 5 Yogyakarta dan Kepala SMP Negeri 8 Yogyakarta melaksanakan supervisi akademik setiap satu semester dan supervisi manajerial selama satu tahun ajaran dengan melakukan perencanaan dan menerapkan objek, ruang lingkup, teknik, prinsip-prinsip, model, pendekatan, serta membuat laporan supervisi. (2) Hasil supervisi akademik dan manajerial yang dilaksanakan oleh Kepala SMP Negeri 5 Yogyakarta dan Kepala SMP Negeri 8 Yogyakarta secara keseluruhan sesuai dengan perencanaan dan tujuan yang telah ditetapkan. (3) Pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial oleh Kepala SMP Negeri 5 Yogyakarta dan Kepala SMP Negeri 8 Yogyakarta terdapat kendala teknis dan nonteknis namun dapat diupayakan solusi untuk mengatasinya. (4) Tindak lanjut supervisi akademik oleh Kepala SMP Negeri 5 Yogyakarta dan Kepala SMP Negeri 8 Yogyakarta antara lain berupa pembinaan baik secara individu dan kelompok, melaksanakan supervisi klinis, mendelegasikan guru untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan, workshop, MGMP tingkat kota, mengaktifkan kembali MGMP Sekolah, dan monitoring secara berkelanjutan. Tindak lanjut supervisi manajerial berupa pembinaan dan monitoring berkelanjutan, perbaikan dan peningkatan program-program sekolah dalam usaha pencapaian Standar Nasional Pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: supervisi akademik dan manajerial, kepala sekolah, sekolah unggul
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:52
Last Modified: 06 Oct 2022 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74565

Actions (login required)

View Item View Item