PEMBINAAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN SISTEM PENILAIAN KURIKULUM 2013 OLEH KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 2 JENDI, KECAMATAN GIRIMARTO, KABUPATEN WONOGIRI

Agustina, Nanda (2018) PEMBINAAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN SISTEM PENILAIAN KURIKULUM 2013 OLEH KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 2 JENDI, KECAMATAN GIRIMARTO, KABUPATEN WONOGIRI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_nanda agustina_14101241030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1). Cara pembinaan kemampuan guru dalam melaksanakan sistem penilaian Kurikulum 2013 oleh Kepala Sekolah di SD Negeri Jendi, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, 2). Faktor pendukung dan penghambat cara pembinaan kemampuan guru dalam melaksanakan sistem penilaian Kurikulum 2013 oleh Kepala Sekolah di SD Negeri Jendi, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian yaitu Kepala Sekolah dan Tenaga Pendidik SD Negeri 2 Jendi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif metode Miles, Hubermer dan Saldana yaitu kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Cara pembinaan kemampuan guru melaksanakan sistem penilaian Kurikulum 2013 oleh kepala sekolah dilakukan dengan menggunakan program supervisi pengajaran dan IHT (In House Training). 2). Faktor pendukung dan penghambat cara pembinaan. a) Faktor pendukung pembinaan, (1). Faktor pendukung internal, (a). Antusiasme guru untuk mempu menerapkan sistem penilaian Kurikulum 2013, (b). Usaha kepala sekolah untuk mewujudkan program pembinaan, (c). Antusiasme kepala sekolah untuk mengetahui kapasitas guru dalam KBM. (2). Faktor pendukung eksternal, (a). Kepala sekolah dituntut pengawas untuk memiliki penilaian kinerja guru, (b). Kepercayaan masyarakat terhadap sekolah, (c). Tuntutan orang tua siswa agar mampu memahami sistem penilaian Kurikulum 2013. b). Faktor penghambat pembinaan, (1). Faktor penghambat internal, (a). kunjungan kelas yang dilakukan kepala sekolah sebatas pengawasan dari luar kelas, (b). Kurangnya kerja sama antar guru, (c). Kurangnya kesadaran guru akan pemanfaatan IT sebagai media belajar dan pengolahan hasil belajar siswa, (d). Koperasi siswa yang menjadi satu dengan kantor guru. (2). Faktor penghambat eksternal, (a). Kepentingan guru di luar lembaga yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Kemampuan Guru,Sistem Penilaian, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Oct 2022 01:54
Last Modified: 06 Oct 2022 01:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74561

Actions (login required)

View Item View Item