PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PRAMUWISATA DI DEWAN PIMPINAN DAERAH HIMPUNAN PRAMUWISATA INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018

Dewanita, Masyithoh (2018) PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PRAMUWISATA DI DEWAN PIMPINAN DAERAH HIMPUNAN PRAMUWISATA INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_masyithoh dewanita_14101241004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan Pramuwisata di Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pramuwisata Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2018 berdasarkan perencanaan program pendidikan diklat, pelaksanaan program diklat dan kendala pelaksanaan program diklat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah Kasi SDM Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Asesor Himpunan Pramuwisata Indonesia DIY, Widyaiswara, dan peserta diklat. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi lapangan. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dengan menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diklat pramuwisata menggunakan metode on the job training dan off the job training dengan pengelolaan pelaksanaan program sebagai berikut. (1) Komponen pelaksanaan diklat pramuwisata meliputi peserta, panitia, materi, sarana prasarana, biaya, dan widyaiswara. (2) Pelaksanaan program diklat meliputi proses diklat yang dilaksanakan berupa perkuliahan bagi peserta diklat (on the job training) yang dilaksanakan di Hotel Ros In Yogyakarta selama 50 jam dan praktik lapangan selama 10 jam di Candi Borobudur (off the job traing). (3) Kendala pelaksanaan diklat berupa jadwal mengajar widyaiswara masih berubah-ubah, sehingga panitia mengubah jadwal dengan cara menyingkronkan antara jadwal diklat dengan widyaiswara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan program, pendidikan dan pelatihan
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Oct 2022 01:09
Last Modified: 06 Oct 2022 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74553

Actions (login required)

View Item View Item