HUBUNGAN SELF-COMPASSION DAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA AKHIR YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Kusuma, Rachmatullah Alvian Aji (2022) HUBUNGAN SELF-COMPASSION DAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA AKHIR YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
5. Skripsi_Rachmatullah Alvian Aji Kusuma_ 1722144018.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa akhir dengan berbagai tuntutan dan tugas perkembangannya memiliki tanggung jawab untuk menyusun skripsi guna menyelesaikan masa studi di perguruan tinggi. Namun keadaan tertentu masih membuat mahasiswa akhir melakukan prokrastinasi akademik. Salah satunya adalah situasi sulit seperti pandemi covid-19. Adanya self-compassion pada mahasiswa akhir diperlukan dalam menghadapi situasi sulit seperti ini dan menurunkan tingkat prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara selfcompassion dan prokrastinasi akademik mahasiswa akhir yang sedang menyusun skripsi pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian berjumlah 115 mahasiswa akhir Universitas Negeri Yogyakarta yang sedang menyusun skripsi dengan pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah Skala Self-Compassion dan Skala Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Akhir Yang Sedang Menyusun Skripsi. Validitas isi dilakukan dengan bantuan expert judgment. Reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha dengan hasil sebesar 0,905 pada Skala Self-Compassion dan 0,939 pada Skala Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment. Koefisien korelasi yang diperoleh -0,395 dengan probabilitas 0,000 (<0,05) dan koefisien determinasi (r2) sebesar 15,6%. Hasil penelitan menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara self-compassion dan prokrastinasi akademik mahasiswa akhir yang sedang menyusun skripsi pada masa pandemi covid-19. Artinya, tingginya tingkat self-compassion berkaitan dengan rendahnya tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa akhir yang sedang menyusun skripsi, begitu pula sebaliknya. Kata kunci: self-compassion, prokrastinasi akademik, mahasiswa, skripsi, pandemi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:21
Last Modified: 05 Oct 2022 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74544

Actions (login required)

View Item View Item