EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN INSTRUKTUR NASIONAL PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) DI PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PPPPTK) MATEMATIKA YOGYAKARTA

Gustian, Listiady (2018) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN INSTRUKTUR NASIONAL PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) DI PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PPPPTK) MATEMATIKA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_listiady gustian_14101241051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Program Diklat Instruktur Nasional program PKB merupakan salah satu program peningkatan kompetensi guru yang dilaksanakan di PPPPTK Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai komponen-komponen Program Diklat Penyegaran IN Program PKB di PPPPTK Matematika yang terdiri dari: (1) komponen context; (2) komponen input; (3) komponen process; dan (4) komponen product. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluatif menggunakan model evaluasi CIPP Daniel Stufflebeam. Subyek penelitian yaitu terdiri dari penyelenggara, peserta, dan pengajar. Setting penelitian ini adalah PPPPTK Matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian evaluasi program diklat IN program PKB di PPPPTK Matematika menunjukan bahwa: (1) Komponen context: latar belakang diklat didasarkan pada fokus kebutuhan. Tujuan dan sasaran diklat diarahkan pada pemberian solusi, (2) Komponen input: kurikulum disusun berdasarkan kebutuhan peserta diklat. Penyelenggara, pengajar, dan peserta diklat memenuhi ketentuan yang ada. Sarana prasarana yang tersedia sesuai kebutuhan diklat namun perlu perbaikan dibeberapa aspek, (3) Komponen process: media, metode, dan proses pembelajaran sesuai kebutuhan dan ketentuan tetapi perlu perbaikan dalam beberapa aspek. Keterlambatan kehadiran peserta diklat masih terjadi, dan tidak terdapat penyeleksian peserta diklat, (4) Komponen product: terjadi peningkatan kualitas aspek dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta. Tingkat kelulusan mencapai 100%, tetapi hasil post test belum menunjukan peserta benarbenar kompeten dalam pengetahuan. Secara keseluruhan penyelenggaraan program ini berjalan baik, sebaiknya program dilanjutkan dengan perbaikan pada beberapa komponennya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, diklat IN, dan PPPPTK Matematika
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:32
Last Modified: 03 Oct 2022 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74514

Actions (login required)

View Item View Item