PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PELETON INTI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PIRI NGAGLIK KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

Saputri, Indah (2018) PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PELETON INTI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PIRI NGAGLIK KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_indah saputri_12101244014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler Peleton Inti di SMP PIRI Ngaglik, meliputi: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Hambatan Pelaksanaan, dan Upaya dalam mengatasi hambatan ekstrakurikuler peleton inti di SMP PIRI Ngaglik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di SMP PIRI Ngaglik. Subjek penelitian adalah Kepala sekolah, Kesiswaan, Pelatih, dan Komandan Peleton inti. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif menurut Milles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: (1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler peleton inti dilakukan setiap awal tahun ajaran baru. Hal-hal yang direncanakan yaitu jenis kegiatan, waktu kegiatan, sasaran kegiatan, prasarana dan sarana, dan dana. (2) Ekstrakurikuler peleton inti adalah kegiatan non akademik diwujudkan dalam bentuk latihan fisik agar terbentuk sikap tegap, tangkas, disiplin dan tanggung jawab. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler peleton inti dilaksanakan hari Senin sampai Jum’at, pukul 14.00WIB-16.00WIB. Kegiatan ekstrakurikuler peleton inti yaitu kegiatan pembukaan dilakukan oleh pelatih dengan berdoa, absensi, dan menyampaikan materi ekstrakurikuler. Kegiatan inti yaitu mengulang gerakan latihan dan menambah gerakan baru. Kegiatan penutup yaitu evaluasi kegiatan setelah latihan, pemberian saran dan motivasi, dan berdoa (3) Evaluasi dari kegiatan ini yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses dilakukan setelah latihan dan setelah lomba. Evaluasi hasil yaitu penilaian rapor dan prestasi. (4) Hambatan meliputi tingkat konsentrasi kurang, timbul rasa jenuh, kurang semangat, dan terdapat siswa yang keluar. (5) Solusi saat ini adalah memberikan motivasi training setiap saat kepada siswa untuk menumbuhkan semangat dan meningkatkan kehadiran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, ekstrakurikuler, peleton inti
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:20
Last Modified: 03 Oct 2022 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74478

Actions (login required)

View Item View Item