Asiva, Fajar (2018) EFEKTIVITAS LAYANAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI SE-KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
fulltext_fajar asiva_14101241056.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan trias UKS pada layanan kesehatan (UKS) di Sekolah Dasar (SD) Negeri se-Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Adapun tiga program pokok tersebut adalah pendidikan kesehatan, layanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sehat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang membahas tentang efektivitas pelaksanaan trias UKS di sekolah. Efektifitas pelaksanaan trias UKS adalah ukuran sejauh mana tiga program trias UKS dilaksanakan dalam layanan sekolah. Penelitian ini melibatkan responden 20 guru pembina UKS SD Negeri Se- Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul sebagai popolasi penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan tertutup dengan analisisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas pelaksanaan trias UKS sebesar 82% yang sudah termasuk pada kategori efektif yang terdiri dari tiga program pokok sebagai berikut: (1) pendidikan kesehatan masuk dalam kategori efektif (81%). (2) layanan kesehatan masuk dalam kategori efektif (83%). (3) pembinaan lingkungan sehat di sekolah masuk kategori efektif (82%)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Peserta Didik, Implementasi Trias UKS, Efektivitas Layanan |
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 03:05 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 03:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74470 |
Actions (login required)
View Item |