PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ALAM PADA KELOMPOK BERMAIN JOGJA GREEN SCHOOL

Sari, Evita Fajar Dwi Mustika (2018) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ALAM PADA KELOMPOK BERMAIN JOGJA GREEN SCHOOL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_evita fajar dwi mustika sari_14101241019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pengelolaan pembelajaran di sekolah alam pada Kelompok Bermain Jogja Green School.(2) Hambatan yang dialami dalam pengelolaan pembelajaran di Kelompok Bermain Jogja Green School. (3) Upaya yang dilakukan dalam pengelolaan pembelajaran di KB Jogja Green School Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala yayasan, kepala sekolah, guru, dan staf keuangan. Lokasi penelitian ini di Kelompok Bermain Jogja Green School. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kelompok Bermain Jogja Green School sudah melakukan pengelolaan pembelajaran, hal ini dapat dilihat pada: KB Jogja Green School sudah melakukan proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, monitoring dan evaluasi pembelajaran.Akan tetapi pengelolaan pembelajaran KB Jogja Green School belum berjalan optimal. (2) Hal yang menjadi hambatan belum optimalnya pengelolaan tersebut karena: terbukti pada perencanaan kurikulum KB Jogja Green School belum menunjukkan dari sekolah alam itu sendiri, jumlah materi dalam pelaksanaan pembelajaran belum sesuai, kepala sekolah masih jarang melakukan evaluasi dan monitoring, dan monitoring pihak yayasan belum menggunakan pedoman keterbatasan keterampilan guru dalam metode menggambar, kesulitan guru dalam menangani anak yang bermasalah pada pembelajaran, sekolah belum memiliki pendamping untuk siswa ABK, kurang pedulinnya orang tua terhadap perkembangan anak. (3) Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan pembelajaran di Kelompok Bermain Jogja Green School yaitu: menggunakan strategi pemberian stiker kepada peserta didik, membuka lowongan kerja untuk membantu proses pembelajaraan siswa ABK, selalu berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang tua siswa, dan pihak yayasan selalu berusaha memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, pembelajaran, kelompok bermain
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:25
Last Modified: 03 Oct 2022 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74467

Actions (login required)

View Item View Item