MANAJEMEN SEKOLAH MODEL UNGGULAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 WATES KABUPATEN KULON PROGO

Susnawan, Ery Wahyu (2018) MANAJEMEN SEKOLAH MODEL UNGGULAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 WATES KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ery wahyu susnawan_12101244013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sekolah model unggulan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Wates Kabupaten Kulon Progo, yaitu meliputi: kebijakan, seleksi peserta didik, pembelajaran, fasilitas, dan ekstrakurikuler. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian di SMA Negeri 1 Wates Kabupaten Kulon Progo. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang kesiswaan, guru, dan siswa kelas unggulan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif menurut Miles, Huberman, & Saldana. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Kebijakan sekolah model unggulan mutu pendidikan diwujudkan dengan adanya kelas unggulan yaitu kelas Matematika dan Ilmu Alam (MIA) yang terdiri atas kelas X MIA 1, kelas XI MIA 1, dan kelas XII MIA 1. Terdapat jam pengayaan yaitu jam tambahan mata pelajaran UN sejumlah 2 jam mata pelajaran di hari Selasa, Kamis, dan Sabtu setalah jam sekolah. (2) Seleksi peserta didik kelas unggulan dilakukan melalui pertimbangan nilai NEM SMP, tes diagnostik, tes psikologi, dan tes wawancara. Siswa yang menempati kelas unggulan berjumlah 24 siswa. (3) Pembelajaran di kelas unggulan dilakukan berdasarkan kebutuhan dan kemauan siswa. Metode yang diutamakan yaitu metode aplikasi dan metode ilmu terapan. (4) Fasilitas kelas unggulan yang diberikan sekolah yaitu ruang kelas, meja, kursi, LCD proyektor, papan tulis, dan lain-lainnya. Terdapat fasilitas tambahan khusus berupa AC di setiap kelas unggulan dan sebuah layanan unit reaksi cepat bagi siswa kelas unggulan. (5) Kegiatan ekstrakurikuler siswa kelas unggulan tidak dibatasi oleh sekolah dalam hal pemilihan jenis ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang dinilai dan dicantumkan di rapor berjumlah 3 ekstrakurikuler, yaitu 1 ekstrakurikuler wajib pramuka dan 2 ekstrakurikuler pilihan bebas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sekolah, Sekolah Model Unggulan
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 30 Sep 2022 05:38
Last Modified: 30 Sep 2022 05:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74449

Actions (login required)

View Item View Item