PROYEKSI KEBUTUHAN GURU KELAS SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN 2018-2022

Warsono, Dwisih (2018) PROYEKSI KEBUTUHAN GURU KELAS SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN 2018-2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_dwisih warsono_11101241033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memproyeksikan kebutuhan guru kelas secara kuantitas di SD Negeri Kabupaten Bantul pada tahun 2018- 2022 yang dihitung berdasarkan proyeksi jumlah siswa yang menghasilkan proyeksi jumlah rombel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah guru kelas. Lokasi penelitian di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dengan data sekunder. Data dianalisis menggunakan teknik proyeksi pendidikan dari Departemen Pendidikan Nasional. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Proyeksi jumlah siswa SD Negeri se-Kabupaten Bantul tahun 2018-2022 mengalami kenaikan dan penurunan yaitu tahun 2019 terjadi kenaikan sebesar 72 siswa menjadi 57.565 siswa daripada tahun 2018 hanya sebanyak 57.493 siswa, sedangkan tahun 2020 sampai 2022 terjadi penurunan yaitu tahun 2020 sebanyak 57.397 siswa, tahun 2021 sebanyak 56.969 siswa dan tahun 2022 sebanyak 56.578 siswa. (2) Proyeksi jumlah rombel SD Negeri se-Kabupaten Bantul tahun 2018 sampai 2022 mengalami kecendurungan yang menurun yaitu tahun 2018 sebanyak 2.399 rombel, tahun 2019 sebanyak 2.402 rombel, tahun 2020 sebanyak 2.395 rombel, tahun 2021 sebanyak 2.377 rombel, dan tahun 2022 sebanyak 2.360 rombel. (3) Pada tahun 2018-2022, proyeksi kebutuhan guru kelas berbanding lurus dengan proyeksi jumlah rombel SD Negeri di Kabupaten Bantul yaitu tahun 2018 membutuhkan 2.399 guru, tahun 2019 membutuhkan 2.402 guru, tahun 2020 membutuhkan 2.395 guru, tahun 2021 membutuhkan 2.377 guru dan tahun 2022 membutuhkan 2.360 guru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proyeksi kebutuhan guru, Guru kelas, Proyeksi Jumlah Siswa
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:47
Last Modified: 30 Sep 2022 02:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74445

Actions (login required)

View Item View Item