Yuliani, Dwi (2018) PELAKSANAAN TUGAS TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
fulltext_dwi yuliani_13101244013.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) pelaksanaan tugas Tenaga Administrasi Sekolah di SMK Negeri se-Kabupaten Sleman, (2) hambatan dalam pelaksanaan tugas Tenaga Administrasi Sekolah, dan (3) upaya peningkatan kualitas Tenaga Administrasi Sekolah di SMK Negeri se-Kabupaten Sleman. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Kepala Tenaga Administrasi, dan tenaga administrasi bidang kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana, persuratan dan kearsipan, kesiswaan, dan layanan khusus di SMK Negeri se-Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan model dari Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, tampilan data, kesimpulan gambar dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan tugas Tenaga Administrasi Sekolah di SMK Negeri se-Kabupaten Sleman adalah a) Administrasi Kepegawaian antara lain mengurusi data kepegawaian, mengarsip data kepegawaian, membuat job desk, input data SKP online, mendata diklat jika ada yang mengusulkan, membuat surat terkait kepegawaian, membuat laporan. b) Administrasi Keuangan antara lain mengelola dana Komite, APBN dan APBD. Menghimpun dokumen dan mencatat transaksi keuangan, mencairkan dana, membuat laporan. c) Administrasi Persuratan dan Kearsipan antara lain mengelola surat masuk dan keluar, mendisposisi, membuat, mengarsipkan dan melayani peminjaman surat. d) Administrasi Kesiswaan antara lain pengisian data siswa kedalam buku induk, klaper, leger, raport dan mutasi. Membuat daftar siswa, pembetulan dan legalisasi ijazah, menyusun dan menyajikan data statistik sekolah. Membuat dan mengarsip surat/dokumen yang berhubungan dengan kesiswaan, menyampaikan informasi lowongan kerja, membuat presensi siswa dan laporan. e) Administrasi Sarana dan Prasarana antara lain menginventaris, menyusun, mengadakan, menyimpan dan mendistribusikan barang, penghapusan barang, mengelola ke dalam buku, mengarsip dokumen, membuat laporan. f) Layanan Khusus antara lain tenaga kebersihan, penjaga sekolah, tukang kebun, penjaga malam, satpam, pesuruh. 2) Hambatan dalam pelaksanaan tugas Tenaga Administrasi Sekolah yaitu waktu, faktor usia, dan kurang memahami bahasa inggris. 3) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas TAS yaitu melalui pembinaan, mengikuti pelatihan. Secara pribadi staf TAS mengembangkan diri melalui belajar dari buku, belajar bersama teman sejawat maupun internet, belajar IT secara mandiri, mengikuti workshop, serta menjalin komunikasi dengan pegawai lama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan tugas, Administrasi Sekolah |
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 02:43 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 02:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74444 |
Actions (login required)
View Item |