UPAYA SEKOLAH MENDORONG KREATIVITAS GURU DALAM MEMBUAT DAN MEMANFAATKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN SLEMAN

Rahayu, Dwi Erna (2018) UPAYA SEKOLAH MENDORONG KREATIVITAS GURU DALAM MEMBUAT DAN MEMANFAATKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_dwi erna rahayu_13101241064.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Upaya sekolah untuk menjadikan guru kreatif (2) Hambatan mendorong guru menjadi kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 5 guru dan 1 kepala sekolah. Lokasi penelitian ini adalah Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Sleman. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Upaya yang dilakukan sekolah untuk menjadikan guru kreatif berupa menyusun kegiatan yang berhubungan dengan APE, menyediakan sumber daya berupa dana dan sarana prasarana, dan memaksimalkan faktor pendukung yang dimiliki sekolah seperti kunjungan dari pengawas untuk memotivasi guru. (2) Faktor penghambat yang dirasakan guru yaitu beban kerja yang harus dilaksanakan guru serta peran lain dalam organisasi di luar sekolah. Cara mengatasi hambatan ini yaitu guru saling bekerjasama agar beban kerja terasa ringan. Selain itu, sekolah mempergunakan kurikulum 2013 sehingga administrasi kegiatan pembelajaran banyak sehingga guru kurang waktu dalam membuat APE. Mengatasi hambatan ini, guru berusaha meluangkan waktu setelah kegiatan pembelajaran selesai dan jika tidak memungkinkan pembuatan APE di lakukan di rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kreativitas guru, pemanfaatan APE
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:37
Last Modified: 30 Sep 2022 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74443

Actions (login required)

View Item View Item