PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI SE KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG

Andriani, Dwi (2018) PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI SE KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_dwi andriani_14101241013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah di SMP N se-Kecamatan Sawangan; (2) minat baca siswa kelas VII di SMP N se-Kecamatan Sawangan (3) pengaruh pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa kelas VII di SMP N se-Kecamatan Sawangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N Se-Kecamatan Sawangan yang berjumlah 3 sekolah yaitu SMP N 1 Sawangan, SMP N 2 Sawangan & SMPN 3 Sawangan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N Se-Kecamatan Sawangan yang berjumlah 405 siswa. Penentuan jumlah sampel dengan tabel Issac Michael, dengan tingkat kesalahan 5%. Jumlah sampel penelitian yaitu 191 yang terdiri dari 90 siswa kelas VII SMP N 1 Sawangan, 49 siswa kelas VII SMPN 2 Sawangan, dan 52 siswa kelas VII SMP N 3 Sawangan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan angket. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Metode analisis data dengan analisis presentase dan analisis regresi sederhana dengan program SPSS versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah di SMP N Se-Kecamatan Sawangan ke dalam kategori sedang yaitu 57,07% (2) minat baca siswa kelas VII di SMP N se-Kecamatan Sawangan yaitu 59,16% (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa kelas VIIdi SMP N Se-Kecamatan Sawangan dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,801 dan koefisien determinasi ( R2 ) sebesar 0,642. Hasil ini menunjukkan bahwa minat baca siswa kelas VII di SMP N Se-Kecamatan Sawangan dipengaruhi oleh pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah sebesar 64,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan fasilitas perpustakaan, minat baca.
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 29 Sep 2022 06:40
Last Modified: 29 Sep 2022 06:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74428

Actions (login required)

View Item View Item