IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 3 BANTUL

Hartanto, Bayu Aji (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 3 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_bayu aji hartanto_13101241026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa yang terintegrasi dalam mata pelajaran, penanaman nilai karakter melalui pengembangan diri, dan penanaman nilai karakter melalui budaya sekolah di SMA Negeri 3 Bantul, dan kendala dalam implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa serta upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, empat guru, dan lima peserta didik SMA Negeri 3 Bantul. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi metode dan triangulasi sumber. Tahapan analisis model interaktif melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perencanaan pendidikan karakter di SMA Negeri 3 Bantul dilakukan melalui 2 proses. Pertama, dalam kegiatan pembelajaran guru mengembangkan nilai karakter dalam perangkatpembelajaran seperti silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).Kedua, kegiatan di luar pembelajaran guru mengembangkan program penanamannilai karakter dalam kegiatan pengembangan diri, budaya sekolah, dan kegiatanekstrakurikuler; (2) pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatanpembelajaran, kegiatan pengembangan diri, budaya sekolah, dan kegiatanekstrakurikuler. (3) dalam evaluasi, guru menggunakancatatan pembinaan siswa dan buku tata tertib; (4) hambatannya adalah terbatasnya control dari sekolah, media, dan lingkungan tempat tinggal, upaya yang dilakukanuntuk mengatasi hambatan adalah menjalin komunikasi dan bekerjasama denganorang tua peserta didik; (5) sedangkan faktor pendukungnya adalah pemerintah,sumberdaya manusia, sarana dan prasarana, kondisi lingkungan yang kondusif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 29 Sep 2022 06:17
Last Modified: 29 Sep 2022 06:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74418

Actions (login required)

View Item View Item