PERSEPSI SISWA TENTANG IKLIM SEKOLAH DI MAN 3 SLEMAN

Sartika, Anatri (2018) PERSEPSI SISWA TENTANG IKLIM SEKOLAH DI MAN 3 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_anatri sartika_11101244034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) persepsi siswa terhadap iklim sekolah dilihat dari dimensi fisik di MAN 3 Sleman, (2) persepsi siswa terhadap iklim sekolah dilihat dari dimensi sosial di Madrasah Aliyah Negeri 3 Sleman, (3) persepsi siswa terhadap iklim sekolah dilihat dari dimensi akademik di Madrasah Aliyah Negeri 3 Sleman. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif dengan lokasi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Sleman. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah 965 siswa MAN 3 Sleman tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel penelitian sebanyak 282 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observasi, dan dokumentasi.Untuk menguji keabsahan data, teknik yang digunakan dengan menggunakan uji validitas, dan reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa mempersepsikan iklim sekolah di Madrasah Aliyah Negri 3 Sleman pada umunya positif. Secara fisik, mereka merasa nyaman dan puas dengan fasilitas sekolah yang mereka anggap memadai. Secara sosial, hubungan guru dengan siswa terjalin harmonis, siswa tidak segan untuk menyapa dan berbicara dengan guru di luar kelas. Walaupun demikian, ada beberapa hal yang dirasa mengurangi kenyaman yaitu hubungan dengan beberapa guru ketika proses pembelajaran di kelas, terkait dengan cara mengajar, penggunaan media pengajaran, komunikasi di kelas, perhatian guru, dan perlakuan guru terhadap mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklim sekolah, persepsi.
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 29 Sep 2022 06:07
Last Modified: 29 Sep 2022 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74415

Actions (login required)

View Item View Item