PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Rahmaris, Abid Purbo (2019) PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_abid purbo rahmaris_15101241015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengelolaan sistem informasi yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta dalam mengembangkan pelayanan akademik, dan (2) Mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh pihak UPT PUSKOM selaku pelaksana sistem informasi di Universitas Negeri Yogyakarta dalam mengelola sistem informasi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Divisi Sistem Informasi, Kepala Divisi Web, dan Kepala Divisi Jaringan dan Telekomunikasi. Lokasi penelitian yaitu di Universitas Negeri Yogyakarta yang bertempat di UPT PUSKOM selaku unit pelaksana teknis. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, dan dilengkapi dengan analisis dari Creswell yaitu analisis induktif meliputi melakukan pengamatan, identifikasi dan re-check terhadap data, melakukan kategorisasi terhadap informasi yang diperoleh, menelusuri dan menjelaskan kategori, menjelaskan hubungan-hubungan kategorisasi, menarik kesimpulan-kesimpulan umum, dan membangun atau menjelaskan teori. Uji keabsahan data yaitu dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan sistem informasi akademik di UNY dilakukan oleh UPT PUSKOM selaku unit pelaksana teknis. Pengelolaan sistem informasi yang dilakukan berupa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Faktor penghambat dalam pengelolaan sistem informasi akademik misalnya perubahan kebijakan rektor yang menyebabkan terbatasnya akses pengguna karena perawatan sistem. Hambatan lainnya berupa kurangnya jumlah teknisi yang harus menjaga server selama 24jam. Hambatan berikutnya pada saat peak season yang terjadi di bulan Agustus dan Februari yang melibatkan banyak pengguna secara bersamaan karena proses registrasi, sehingga menimbulkan terjadinya server down.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sistem Informasi, Sistem Informasi Akademik
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:49
Last Modified: 29 Sep 2022 04:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74398

Actions (login required)

View Item View Item