Pengembangan Computerized Adaptive Test Berbasis Multistage Test (MST).

Pramono, Aji Joko Budi and Munadi, Sudji (2022) Pengembangan Computerized Adaptive Test Berbasis Multistage Test (MST). S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-aji joko budi pramono-18701261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) perangkat lunak Ca-MST berbasis WEB dan android, (2) kelayakan perangkat lunak Ca-MST berbasis WEB dan android (3) efektivitas perangkat lunak Ca-MST berbasis WEB dan android Penelitian ini merupakan research and development yang diadaptasi dari Borg and Gall, terdiri atas pengembangan perangkat lunak, uji coba, revisi dan finalisasi perangkat lunak Ca-MST. Tahap pengembangan perangkat lunak meliputi tahap analisis kebutuhan sistem, desain sistem, pembuatan kode program, dan pengujian. Desain sistem menggunakan desain MST, diagram use-case, diagram aktivitas, dan diagram arsitektur. Metode yang digunakan adalah Maximum Fisher Information (MFI) dan Maximum Likelihood Estimation (MLE). Proses uji coba perangkat lunak terdiri dari ujicoba internal dan eksternal. Ujicoba internal meliputi uji fungsional program dan uji koneksi antar program yang divalidasi oleh 5 ahli. Uji eksternal melibatkan 5 siswa dalam skala kecil, 12 siswa untuk skala menegah dan 30 siswa untuk skala luas. Analisis kelayakan program menggunakan Gtmetrix online, standard error measurement (SEM), MLE, dan fungsi tujuan. Hasil respon tes dianalisis menggunakan metode MLE untuk menghasilkan besarnya estimasi kemampuan. Instrumen efektivitas perangkat lunak melibatkan 6 guru yang dianalisis menggunakan metode McCall. Estimasi parameter butir menggunakan TRB Rasch Model dengan bantuan Program R Console. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) perangkat lunak Ca-MST berbasis WEB dan android berhasil dikembangkan menggunakan desain 1 panel, 3 stage, 6 modul dengan struktur 1-2-3 dalam kerangka MST. (2) perangkat lunak Ca-MST berbasis WEB dan android layak digunakan untuk mengukur aspek kognitif siswa peserta tes kelas IX, dengan indikator kelayakan; a) adaptivitas terjadi pada tingkat modul dan tingkat butir soal, diperoleh rentang kemampuan antara -0.25 sampai dengan 2.0 skala logit, dengan SEM minimum antara 0,2 sampai dengan 0,34 (baik); b) fungsi tujuan sebesar 0.405 sampai 2.33 (baik); c) nilai performance gtmetrix sebesar 95% (baik); d) hasil uji beda MLE Ca-MST dengan MLE secara teori sebesar 0.430(tidak terjadi perbedaan yang signifikan); e) uji fungsional program dan uji koneksi antar fungsi semuanya berjalan sesuai dengan fungsinya. f) skor tanggapan ahli pada aspek penggunaan 3,44 (sangat baik ), tampilan 3,45 (sangat baik), relevansi 3,27 (sangat baik), kemanfaatan 3.36 (sangat baik). (3) perangkat lunak Ca-MST berbasis WEB dan android efektif digunakan untuk mengukur aspek kognitif siswa peserta tes kelas IX dengan indikator efektivitas; a) ketepatan 76,67% (efektif); b) kegunaan 73,33% (efektif); c)integritas 72,22% (efektif); d) kehandalan 74,67% ( efektif); e) efisiensi 72,50% (efektif); f) nilai rata-rata 73,88% (efektif).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Computerized Adaptive Test, Rasch Model, Pengukuran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:31
Last Modified: 20 Sep 2022 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74309

Actions (login required)

View Item View Item