Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri Margoagung Kecamatan Seyegan

Damayanti, Anugrah Puspa (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri Margoagung Kecamatan Seyegan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_anugrah puspa damayanti_18604221018.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Negeri Margoagung Kecamatan Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus, guru pendidikan jasmani, wali kelas, dan kepala sekolah. Instrumen pada penelitian ini yaitu peneliti. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran dibuat secara tertulis berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan kurikulum 2013 dan kurikulum penjas yang mengacu pada kondisi, kemampuan, dan kebutuhan peserta didik. Namun tanpa mendiskripsikan aktivitas pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Guru belum membuat Rencana Pembelajaran Individu (RPI) bagi peserta didik berkebutuhan khusus. (2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani dilaksanakan secara adaptif, tahap pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan awal pembelajaran, inti pembelajaran, dan akhir pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar yaitu demonstrasi, ceramah, dan praktik langsung. Guru melakukan modifikasi yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik, sarana dan prasarana, serta kondisi lingkungan sekolah. Penyampaian materi pembelajaran menggunakan bahasa dan kalimat yang sederhana serta mudah untuk dipahami peserta didik. Penggunaan reinforcement berupa reward dan punishment. (3) Kegiatan evaluasi menggunakan penilaian proses berupa unjuk kerja yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, dan penilaian tertulis pada saat penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Sita Utami, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran pendidikan jasmani, anak berkebutuhan khusus
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Sep 2022 08:55
Last Modified: 19 Sep 2022 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74297

Actions (login required)

View Item View Item