Korelasi Power Otot Tungkai, Panjang Tungkai dan Kecepatan Lari 20 Meter Dengan Hasil Lompatan Lompat Jauh Kelas V Sekolah Dasar Negeri Mutihan, Kecamatan, Banguntapan, Kabupaten, Bantul

Andawiyati, Septiana Matiin (2022) Korelasi Power Otot Tungkai, Panjang Tungkai dan Kecepatan Lari 20 Meter Dengan Hasil Lompatan Lompat Jauh Kelas V Sekolah Dasar Negeri Mutihan, Kecamatan, Banguntapan, Kabupaten, Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_septiana matiin andawiyati_18604221010.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara power otot, panjang tungkai, dan kecepatan lari 20 meter dengan hasil lompatan lompat jauh di SD Negeri Mutihan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas V di SD Negeri Mutihan, sejumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen TKJI yang digunakan yaitu tes loncat tegak (vertical jump) dengan tingkat validitas sebesar 0,999 dan reliabilitas 0,997. Teknik analisis data menggunakan teknik rank spearman dan analisis korelasi berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani Indonesia peserta didik kelas V di SD Negeri Mutihan secara keseluruhan dalam kategori sangat tinggi yaitu variabel power otot tungkai dengan hasil lompatan lompat jauh sebesar rh= 0,700 (berhubungan kuat), antara variabel panjang tungkai dengan lompatan lompat jauh sebesar rh= 0,842 (berhubungan sangat kuat), antara variabel kecepatan lari 20 meter dengan lompat jauh sebesar rh= 0,999 (berhubungan sangat kuat), dan antara keempat variabel bebas dengan variabel terikat diperoleh Fh= 0,939 (berhubungan sangat kuat).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: power otot tungkai, panjang tungkai, kecepatan lari 20 meter, hasil lompatan lompat jauh
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:48
Last Modified: 14 Sep 2022 08:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74255

Actions (login required)

View Item View Item